Ulasan Ponsel Microsoft Lumia 535 Dual SIM

Microsoft, sebagai perusahaan yang mengakuisisi Nokia, mengeluarkan produk ponsel pertama yang menghilangkan identitas “Nokia”, yaitu Microsoft Lumia 535. Jadi, tidak perlu bingung mengapa dulu ada istilah ‘Nokia Lumia’, namun nama Lumia sendiri sekarang tidak disandingkan dengan ‘Nokia’.

Microsoft Lumia 535

Pertengahan Desember 2014 ini, saya memutuskan untuk membeli Lumia 535. Produk Lumia 535 ini saya beli melalui pre-order di Blibli dan saat itu saya mendapatkan penawaran harga sekitar Rp 1.250.000,00 (pembayaran menggunakan kartu kredit). Saya memang cukup lama tidak menggunakan produk Nokia Lumia/Microsoft (sekarang Microsoft Lumia). Sehari-hari, saya sendiri menggunakan produk Apple (iPhone 5, iPad 3, dan MacBook Pro 15″ Retina Display), dan juga OPPO (OPPO R819). Jadi, secara sistem operasi di ponsel, saya sehari-hari menggunakan iOS dan Android.

Spesifikasi dan Disain

Untuk spesifikasi, saya tidak akan terlalu membahasnya disini. Ulasan lengkap tentang spesifikasi teknis Lumia 535 bisa dilihat langsung di situs Microsoft. Beberapa informasi singkat tentang spesifikasi dasar yang mungkin perlu dilihat adalah:

  • Mendukung dual SIM
  • Ukuran layar 5 inchi
  • Sistem operasi: Windows Phone 8.1 (Lumia Denim)
  • Kamera utama dan kamera depan dengan resolusi 5 MP
  • Dimensi: panjang: 140,2 mm, lebar: 72,4 mm, tebal: 8,8 mm, dan berat: 146 gram
  • Resolusi layar: qHD (960 x 540)
  • RAM: 1 GB
  • Memory internal: 8 GB. Dapat ditambah dengan MicroSD sampai dengan 128 GB.

Pilihan warna cukup beragam sesuai dengan selera yaitu hitam, putih, oranye, hijau, dan biru. Saya sendiri memilih warna oranye. Untuk finishing material casing adalah dengan finishing glossy. Secara disain, saya menyukainya. Walaupun dari sisi ukuran bukanlah yang paling kecil, dan paling tipis, namun secara keseluruhan dari sisi disain tidak mengecewakan. Paling tidak, masih cukup nyaman untuk dipegang dengan satu tangan. Untuk yang berjari agak pendek, mungkin akan terasa agak kurang nyaman dengan dimensi yang ditawarkan.

Untuk kegiatan mengetik, saya merasakan tetap akan terasa lebih nyaman dengan menggunakan dua tangan.

Di bagian sisi sebelah kanan, ada dua buah tombol yaitu tombol ‘Power’ dan ‘Volume’ dan saya senang dengan kesan ‘clicky’ dari kedua tombol ini. Di bagian atas ada slot untuk headset 3.5mm dan micro-USB port untuk pengisian baterai ada di bagian bawah.

Lumia 535 Body

Secara material bahan, kualitas sekilas juga tidak mengecewakan. Walaupun dengan harga yang menurut saya murah (harga resmi kalau tidak salah akan ditawarkan dibawah dua juta rupiah, dan bisa lebih murah dengan promo dengan beberapa rekanan), namun secara kualitas masih terasa sangat baik.

Kartu SIM dan juga MicroSD dapat dipasang dan mudah untuk diganti, karena penempatan yang cukup rapi didalamnya. Ponsel lain mungkin membutuhkan alat tambahan untuk mengeluarkan kartu SIM atau MicroSD, namun casing di Lumia 535 ini cukup mudah untuk dilepas untuk kebutuhan tersebut.

Lumia 535 SIM and MicroSD slots

Dilengkapi dengan kapasitas baterai 1905 mAh, ponsel ini dapat dipakai seharian dengan aktivitas normal. Bahkan, ponsel ini diklaim dapat memiliki waktu standby maksimal 23 hari, dan waktu bicara sampai 13 jam dalam jaringan 3G.

Sistem Operasi Windows Phone 8.1 (Lumia Denim)

Secara prinsip, sistem operasi memberikan dibuat untuk memberikan fleksibilitas atau pengaturan sehingga dapat memberikan kebebasan bagi pengguna. Pada bagian “Settings” atau Pengaturan, pilihan cukup banyak. Fitur panel notifikasi juga dapat diakses untuk memberikan jalan pintas ke aksi yang sering banyak dipakai seperti menyalakan/mematikan Wifi, Bluetooth, mengakses kamera, atau mengatur tingkat kecerahan (brightness). Termasuk juga untuk menampilkan notifikasi jika ada pesan baru.

lm9172491274124

Windows Phone 8.1 juga memberikan keleluasaan untuk mengatur tampilan Homescreen dengan cukup baik dengan menggunakan konsep “Tile” yang menjadi salah satu identitas sistem operasi ini.

Lumia Denim juga memperkenalkan Cortana. Cortana ini merupakan asisten pribadi sama seperti Siri di iOS. Fitur lengkap tentang Cortana bisa dilihat langsung di situs Microsoft. Bagaimana dengan aplikasi yang berjalan di Windows Phone 8.1? Sebagai pengguna sistem operasi lain, saya memiliki ekspektasi yang mungkin bisa dikatakan “agak manja”. Saya punya pertanyaan untuk saya sendiri, “Apakah aplikasi di Lumia 535 (atau Windows Phone) dapat memberikan pengalaman yang sama dalam keseharian saya menggunakan ponsel melalui aplikasi yang ditawarkan?”. Mungkin Anda juga memiliki pertanyaan yang sama.

Cortana

Performa

Prosesor Qualcomm Snapdragon 200 quad-core 1.2GHz dan 1GB RAM cukup untuk memberikan performa yang baik. Walaupun, kadang menemukan respon yang tidak secepat yang saya harapkan, namun secara umum masih dapat dikatakan cukup baik. Tak jarang pula ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain kadang terasa performa/respon yang tidak begitu cepat.

Ketika mencoba menjalankan Temple Run 2, performa terasa sangat baik. Namun, performa terasa kurang ketika saya mencoba memainkan Candy Crush.

Salah satu yang terasa adalah isu yang sering muncul ketika menggunakan layar sentuh dalam hal presisi dan sensitifitas. Jadi, kadang layar merespon kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tentang isu ini, Microsoft sendiri mengabarkan bahwa akan ada perbaikan untuk isu ini di rilis perbaruan.

Kamera (foto dan video)

Lumia 535 dilengkapi dengan kamera utama dan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Resolusi ini cukup untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, walaupun tidak maksimal. Sebagai pengguna ponsel seri Lumia yang pernah membandingkan kualitas foto dengan lensa Carl Zeiss, hasil foto/video Lumia 535 memang sangat sulit dibandingkan kualitasnya. Hasilnya cukup bagus, tapi tidak bagus sekali (untuk selera atau ekspektasi saya).

Kamera (melalui aplikasi Lumia Camera) memiliki pengaturan yang cukup lengkap untuk membantu menghasilkan kualitas foto yang maksimal. Pilihan pengaturan berikut dapat diatur tersendiri sesuai dengan kebutuhan/preferensi:

  • Flash: On, Off, atau Auto
  • White Balance: Auto, Incandescent, Fluorescent, Daylight, Cloudy dan Shade
  • Focus
  • ISO (maksimal 1600), Shutter Speed, dan Brightness
  • Pilihan aspek rasio adalah 16:9 atau 4:3

Pengaturan diatas adalah untuk mode foto. Sedangkan untuk mode video, pengaturan adalah untuk menyalakan flashlight (senter) sepanjang perekaman video, white balance, dan fokus.

wp_ss_20141223_0004

Dalam mode video, resolusi yang dapat dipilih adalah FWVGA (848×480) atau VGA (640×480). Satu hal yang menurut saya agak kurang adalah tidak adanya fitur untuk digital zoom.

Untuk foto, jika ingin dilakukan penyuntingan, dapat memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Adobe Photoshop Express. Lumia sendiri merekomendasikan aplikasi Lumia Creative Studio untuk melakukan penyuntingan foto, dengan fitur yang cukup lengkap. Bagi yang suka selfie, kamera Lumia 535 juga tidak terlalu mengecewakan.

Berikut ini beberapa contoh foto yang dihasilkan oleh ponsel Lumia 535. Foto tidak dilakukan penyuntingan sama sekali, saya hanya melakukan penyesuaian pengaturan ketika mengambil obyek langsung dari aplikasi Lumia Camera. Klik pada masing-masing foto untuk ukuran asli.

WP_20141223_10_00_14_Pro

WP_20141215_19_04_16_Pro

WP_20141223_10_03_01_Pro

Ketika mengambil foto dengan memencet sensor shutter di layar, Lumia 535 tidak begitu responsif. Hal ini terasa pada durasi saat menentukan fokus, mengambil gambar, kemudian bagaimana gambar tersebut diproses untuk disimpan. Hal ini akan cukup terasa ketika ingin mengambil gambar secara cepat. Tapi, jika kita cukup punya waktu bersabar, mengambil posisi dan dapat melakukan pengaturan terbaik sesuai yang kita inginkan, hasil jepretan kamera tentu akan bisa lebih baik.

Aplikasi Pendukung

Ponsel yang saya gunakan sehari-hari banyak saya manfaatkan untuk kebutuhan baik personal maupun menyangkut pekerjaan. Saya banyak berurusan dengan surat elektronik — dari beberapa penyedia layanan email, bertukar pesan melalui aplikasi messaging (WhatsApp, Telegram, BlackBerry Messenger, Skype, dan Google Hangout), membaca berita menggunakan Zite atau Flipboard, browsing, berbagi foto melalui Instagram, dan juga terhubung ke jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook.

Seluruh aktivitas diatas cukup mudah saya lakukan di ponsel dengan sistem operasi iOS dan Android. Microsoft sendiri mengklaim bahwa di tahun 2014 ini, ada lebih dari 300.000 aplikasi untuk Windows Phone Store (dengan total gabungan bersama Windows Store total aplikasi lebih dari 500.000 buah).

Windows Phone Store

Saya mencoba menduplikasi aktivitas harian saya di ponsel Lumia. Cukup banyak aplikasi populer (di marketplace seperti Apple App Store atau Google Play) yang tidak saya temui di Windows Phone Store. Microsoft sendiri memiliki cukup banyak aplikasi yang bagus untuk perangkat bergerak (mobile).

Dalam hal mencari aplikasi saya mencoba untuk menggunakan beberapa parameter: aplikasi adalah resmi dari pemilik layanan (atau yang dibuat oleh Microsoft sebagai pemilik produk Lumia), memiliki antar muka yang baik, dan pengalaman pengguna yang mudah (dan menyenangkan).

  •  Aplikasi messaging. Aplikasi seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan Skype tersedia untuk Windows Phone. Namun, saya juga punya dependensi cukup besar untuk menggunakan Google Hangouts. Sayangnya, Google Hangouts belum memiliki aplikasi resmi untuk Windows Phone. Aplikasi seperti Facebook Messenger, LINE, WeChat, Viber, Kik Messenger, dan KakaoTalk dapat diinstal. Namun, saya hampir tidak menggunakannya.
  • Aplikasi sosial. Saya mengkategorikan Twitter, Facebook, Instagram, Google Plus, dan Path sebagai aplikasi sosial. Hampir semua memiliki aplikasi di Windows Phone. Tapi, saya sendiri kurang puas dengan seluruh antar muka dan pengalaman pengguna ketika menggunakannya.
  • Aplikasi bisnis/pekerjaan. Seperti yang sudah saya tuliskan, saya berurusan dengan banyak surat elektronik dalam pekerjaan saya. Aplikasi Mail yang dimiliki oleh Lumia sebenarnya sudah cukup memadahi. Namun, bagaimana surel dikelola dan ditampilan, saya kurang menyukainya. Saya juga banyak bekerja dengan aplikasi lain seperti Dropbox, dan saya masih punya ketergantungan besar terhadap produk-produk dari Google seperti Docs, Sheet, Slides, Hangouts, Google Plus, dan Gmail. Dan, sayangnya aplikasi tersebut kurang terfasilitasi dalam sistem operasi Windows Phone ini.

Walaupun secara umum cukup banyak aplikasi yang tersedia di Windows Phone untuk aplikasi favorit saya, saya masih banyak menjumpai bahwa aplikasi tidak dapat berjalan secara maksimal dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi saya sebagai pengguna.

Namun, sepertinya tidak adil kalau saya tidak menyebutkan aplikasi MixRadio. Sejak awal, aplikasi ini yang sering kali saya gunakan untuk mendengarkan musik. Dan, menurut saya mungkin ini adalah salah satu aplikasi/layanan terbaik Windows Phone. Walaupun, MixRadio baru saja diakuisisi oleh Line.

MixRadio

Aplikasi lain yang menurut saya pantas untuk disebutkan adalah HERE Maps.

Untuk peramban, Internet Explorer berjalan dengan cukup baik dalam me-render halaman. Karena menggunakan perangkat bergerak, maka untuk halaman situs akan digunakan versi mobile (jika situs menyediakannya). Namun, jika ingin tetap menggunakan versi Desktop, peramban Internet Explorer di ponsel dapat diatur untuk menggunakan versi Desktop. Dan, jika ingin menggunakan peramban lain, bisa digunakan aplikasi Opera Mini.

Penutup

Ponsel Microsoft Lumia 535 menawarkan banyak hal yang menarik. Masih cukup banyak hal yang bisa diperbaiki, salah satunya dengan menghadirkan aplikasi populer yang lebih beragam dengan fitur dan performa yang lebih baik. Bagi yang membutuhkan fitur dasar dari sebuah ponsel, Lumia 535 ini sangat bisa dijadikan pertimbangan, apalagi dengan harga yang cukup terjangkau. Walaupun, dengan harga yang relatif sama, ada pula pilihan ponsel — dari sistem operasi lain seperti Android — yang mungkin bisa menawarkan fitur yang lebih banyak.

Jika dibandingkan dengan ponsel sejenis (seri Lumia) dari Microsoft/Nokia yang terdahulu, mungkin ada seri yang lebih baik dari sisi fitur dan performa.

Untuk yang tidak terlalu membutuhkan banyak aplikasi dan lebih banyak untuk keperluan dasar, ponsel ini mungkin sesuai untuk digunakan. Windows Phone sebagai sistem operasi mungkin menjadi alasan bagi beberapa orang. Namun yang tidak bisa dipungkiri adalah aplikasi dan pengembang aplikasi memberikan respon yang jauh lebih baik untuk sistem operasi iOS atau Android.

60 Comments

  • Mantap review nya Mas Arie, BTW apakah fitur Cortana bisa digunakan? Yang saya tau fitur tersebut baru dapat di gunakan di Amerika CMIIW thanks sharing nya Mas

    • Untuk Cortana, bisa saya gunakan. Tapi memang ketika saya gunakan region “United States” pada bagian Pengaturan. Untuk beberapa fungsi sudah saya coba dan secara umum berjalan baik. Pertanyaan/perintah seperti “What time is it in …..”, “Wake me up in 2 hour” bisa dikenali cukup baik.

  • mas arie, mo tanya…bbm & whatsapp bagus kah digunakan di lumia 535 ini?… trus gmail apakah bener2 gak bisa dipakai disini?… bagaimana dengan pinterest & tumblr… thx mas

    • Hello, Untuk WhatsApp dan BBM secara prinsip sih bisa berjalan dengan cukup baik. Mungkin lebih kepada bagaimana pengalaman penggunanya saja. Soal nyaman dan tidak sih relatif ya. Kalau saya pribadi, kurang menikmatinya. Saya akan coba tulis ditulisan terpisah nanti.

      Gmail (dan email lain), jika yang dimaksud lebih kepada apakah bisa dibaca kontennya, bisa melalui aplikasi Mail bawaan dari Lumia. Pinterest, saya belum menemukan aplikasi yang paling cocok, walaupun ada Scrapbook for Pinterest. Kalau Tumblr, ada kok aplikasinya di Store. Saya sendiri belum coba lebih dalam.

  • keren nih mas tulisannya, sebelumnya mau nanya deh mas. path di windows phone kok gabisa lihat foto profil yah? kalo bisa, gimana caranya yah? makasih mas :)

    • Terima kasih, Mas Damar.

      Path di Windows Phone memang memiliki fitur dan performa yang kurang memuaskan dibandingkan dengan yang versi Android atau iOS. Dan, salah satu yang tidak ada adalah melihat foto profil (ini maksudnya adalah ketika melihat profil seseorang), kita tap pada foto untuk melihat ukuran yang lebih besar kan?

      • iya mas sama sama hehe :D (y)

        iya maksud saya itu mas, melihat foto profil seseorang gak bisa hmmmm mungkin belum di apdet kali ya dari path nya sendiri hehe

        mas mau nanya juga deh, saya kan berencana mau beli lumia 535, nah ada issue tentang touchscreen nya yg agak eror, itu gimana ya? tolong pencerahannya ya mas :) dan kabarnya pihak microsoft sendiri memperbaiki sistem yang rusak itu via OTA ya? dan yg di benerin itu firmware nya? hape mas thomas 535 kan? masih ngelek gak mas touchscreennya? makasih nih mas sekali lagi :) (y)

        • Kalau soal fitur, kadang memang aplikasi yang dikembangkan untuk platform Windows Phone sepertinya cukup tertinggal ya dibandingkan dengan misal Android atau iOS.

          Issue touchscreen yang sebelumnya muncul soal presisi, ini sudah tidak terlalu terasa. Misalnya saat saya melakukan pencarian aplikasi, hasil search ketika saya tap sekarang sudah baik. Namun, secara keseluruhan kalau saya pribadi kadang merasa untuk touch tidak sepresisi di ponsel lain sih.

          Soal “lag”, kadang memang terasa, tapi masih bisa diterima. Yang sering lambat kalau yang saya pribadi rasakan ketika berpindah aplikasi/layar.

  • saya pemakai 535, tp tiap mendengarkan musik saat berkendara motor via headphone tp tiap 3 menit mati sendiri. sedangkan kalo tidak berkendaraan saya mendengarkan lagu tidak ada kendala. knp bisa berbeda ya? tolong pencerahannya donk :)

    • Wah, belum pernah menemukan kasus ini. Untuk mendengarkan musik apakah dari MixRadio? Saya coba cari info, tapi kebanyakan mengatakan ini terkait dengan bluetooth dan kebanyakan kasus di mobil. Maaf untuk bagian ini saya kurang bisa bantu :(

    • Fitur lumia memang seperti itu mas. Fitur musik akan sengaja dimatikan ketika user lumia sedang berada dalam perjalanan, dan akan otomatis mematikan fitur musiknya. Hal ini berfungsi untuk menjaga keselamatan pengguna lumia agar tidak terjadi kecelakaan CMIIW

      Tepi saya baru menemukan kasus ini hanya pada lumia versi baru – buatan microsoft.

  • mas,saya mau nanya
    lumia kamera selfie setiap digunakan trus mau menyimpan foto kok g bisa yaa?
    setelah aplikasi lumia kamera ditutup,trus tdk bisa kebuka lagi kamera lumianya.kembali ke background home biasa.itu masalah apa mas.mksi

    • Untuk zoom memang tidak bisa seperti yang saya tulis dalam artikel ini. Baik dengan tombol ataupun dengan melalui pinch di layar. Memang cukup disayangkan karena fitur ini sebenarnya cukup membantu ketika mengambil foto ya…

    • Sewaktu saya dulu beli saya dapat harga promo 1,200,000-an. Kalau sekarang (per Januari 2015) mungkin harga di sekitar 1,500,000-an. Kurang tahu secara detil sih… Maaf tidak terlalu bisa membantu untuk hal harga ini. Tapi, mungkin bisa lihat situs-situs pembelian barang secara online juga sebagai perbandingan.

    • Aplikasi yang mendukung pekerjaan seperti Office, OneNote, OneDrive dan Outlook dapat berjalan kok. Kalau soal foto, foto yang jauh jika memang mau di zoom memang tidak bisa karena tidak ada fitur tersebut. Jadi mungkin harus di zoom manual setelah foto diambil.

  • saya pengguna 520, dengan kamera 5mp
    apa perbedaan kamera depan dan belakang 535 yg sama2 5MP ??
    apakah foto yang dihasilkan sama saja? (tanpa menggunakan flash)

    • Secara prinsip sama, tapi memang ada perbedaan misal dari sisi focal length. Tapi untuk kebutuhan harian, saya rasa keduanya sudah cukup. Coba dilihat dari website Lumia 535 langsung pada bagian spesifikasi untuk lebih jelasnya. Atau, bisa juga langsung kunjungi gerai penjualannya untuk coba-coba kali saja bisa. :D

  • Sy baru beli hp 535 ini br 9 hr yg lalu, tp waktu itu baterai tingga 50% nya, kemudian sy tinggal tidur waktu sy bangun hp itu sdh mati,, sy berfikir batrai habis jd sy sambungkan charger, setelah beberapa lama kok layar tdk nyala(tdk ada indikasi charger msk).Yg sy mau tanya apa penyebabnya ya mas??

  • Mas Arie kok di lumia 535 saya untuk membuka aplikasi BBM, layar langsung blank warna putih yaa..itu knpa?apakah dengan sisa internal storage 1gb jadi masalah..Mohon bantuannya?tks

    • Saya pernah mengalami hal ini juga, dan kalau berdasarkan kasus saya, ini karena memang pada saat membuka BBM kan ada koneksi ke server BBM. Nah, ini yang kadang jadi sebab. Saya coba buka dengan koneksi yang lebih stabil, dan BBM dapat diakses dengan baik. Kalau soal lambat, mungkin juga terkait masalah ketika terkoneksi ke server BBM.

  • Info yang bagus.
    Mau tanya mas, kok di lumia 535 saya tidak ada utk penyimpanan kontak ya, trus klo di whataps mau menambahkan no tdak bisa, kira2 ada apa ya?
    Terima kasih

  • Sampai update khusus TC l535 ttp bermasalah, dan bbm emang lemot walau tak selemot pd seri yg lain…mgk soal include ya mas…
    Soal blutot emang kurang nyaman pairing kadang nyusahin dan cara nya kurang bagus, gagal dan susah detec, hbs tu jarang gbs nyambung lama.
    Khusus utk facebook emang termasuk jg lemot di l535 ini, sblmx tdk terjadi di l520..
    Jk bbm baru di l520 jln kayak nenek2 90thn, maka sy jarang pake dan ada kasus jg ngaruh ke IE lumia, dan byk user yg pilih uninstal bbm.
    Problem TC ini saya dpt pengamatan yg mgk berasal dr pengaturan sensivitas sentuhan (rendah,sedang&tinggi) yg sblm nya di stiap seri lumia itu ada tapi di seri 535 ini ditiadakan, cb di cek mgkin pd nggak ngeh ato luput dr pengamatan. Akibatx baca baca online nyusahin geser artikel baca copas, zoom dll, ngegame emang lemot pd candy cruss, apa lagi pd Brother in amrs yg sulit tap tombol move game dan berlaku jg lebih nyusahin saat maen game bola dream L favorite.
    Dan problem yg sy alami skr ini adalh IE lemot dan sll berakhir “oops google membaca lalu lintas data mencurigakan di komputer anda” ngaruh juga ke aplikasi fb utk app lain tdk maslah.
    Byk user mlah lbh parah yaitu sampai FC stelah kalimat oops google muncul akibat gagal conect. mgkin maslh jaringan tp saat kartu sim sy pindah ke hp lain lancar jaya.

    Demikian pengalaman menggunakan L535 selama satu bulan persis beli tanggal 31 januari. smoga berkenan.

    Quote : mungkin akibat ada perubahan versi IE ke spartan. dan monggo rame2 kirim minta pengaturan sensivitas sentuh di adakan lagi di update winpone 10 nanti. Saya tiap 3 hari rajin minta hal ini via menu pengaturan – beri penilaian. Tanks

  • ni lumia 535 q koe gk bsa download we chat ya,,,
    tiap kali meu download.
    coba lagi coba lagi truzz,,,

    cuma we chat aza lagi yg gk bs q download. ituu knp ya mas?

    • gan..
      .gue ad rencana ni mau beli lumia 535, tpi setelah sa baca2 dan liat banyak kekurangan, selain lemot, msih bnyak mslahnya..
      Jdi sa mulai melirik ke merk lain kaya asus zenfone 4, oppo neo, samsung ace 3,
      menurut gan, sa tetap milih 535 atau yg merk lain it ??
      .thank’s.. Please respon :)

  • Sempet kepikiran icipin windows phone di lumia 535 ini juga…tp baca banyak komen yg lebih banyak masalahnya…jd urung juga, belanja robot ijo lagi aja deh kalo gt

  • Mlm Gan, 1) sy 2x mengalami kendala ketika ganti Sim Card 1 utk internetan, kartu Sim Cardnya bs dipsg tapi utk internetan tdk bs jln (tdk ada jaringan), sy cb gantikan ke ponsel yg berbeda, Sim Cardnya bs berbungsi, Ada kesalahan dimana Gan?. 2) sy copy lagu (per folder) ke kartu memory external 16 GB via PC, gimana caranya mengaktifkannya/mendengar lagu per folder sesuai dgn keinginan kt sendiiri. Thanks’ Gan, Mohon direspon

    • Soal Simcard yang tidak terbaca, ini kasusnya juga sama saya pernah alami. Tapi, ini tidak ada pola yang jelas. Jadi, pernah saya lakukan hal yang sama, masukkan simcard dari ponsel lain, dan tidak ada masalah. Tidak tahu juga ini bagaimana sebenarnya. Saya coba-coba, geser-geser dikit, akhirnya bisa. Saya lepas dan pasang lagi, tidak terdeteksi :(

      Saya jarang simpan lagu di ponsel. Untuk lagi, saya lebih suka langsung pakai MixRadio :D

  • Gan cra brain Microsoft 535 aslu tw kw gmn”
    True knpa Ni hp tiba” gambar by ngezoom sndri bear binggo trus Gk bsa dkclin hrus di off kn dl

    • Kalau nge-zoom sendiri pada posisi lock dan mau unlock, saya juga pernah mengalaminya. Coba dilihat di setting Accessibility. Saya OFF-kan, dan masalah itu tidak muncul lagi.

    • Apakah maksudnya dengan menggunakan aplikasi? Silakan dicoba cari saja. Saya sendiri tidak terlalu menggunakan aplikasi untuk aktivitas perbankan :)

  • Mas kalau saya udh pnya bm… trus mau d copot pemasangan lalu di pasangkan lg gmna mas caranya ?

  • Mas mo nanya cara download game gimana mas pas mau diunduh gamenya katanya disuruh pake Microsoft akun gimana tuh mas?terus aplikasi untuk melihat file yg diminta apa? Mohon pencerahannya

    • Benar, kalau misalnya mau download aplikasi, memang harus menggunakan akun Microsoft, karena memang aplikasi Windows Phone ini dipasarkan melalui situs milik Microsoft. Jadi, pada bagian pengaturan, silakan login atau buat akun melalui http://live.com

  • Mas ane mo tanya, kok saat memasukkan kontak baru muncul pilihan Save To : Google, Outlook dll
    untuk masalah penyimpanan data telepon tersebut, sebaiknya disimpan dimana ya, di Outlook atau di google ya???, keunggulan dan kelemahannya apa ya jika kita simpak data nomor telpon tsb disimpan di salah satu media diatas.
    jika data kontak hilang di HP, apakah data tsb bisa di munculkan kembali disalah satu media penyimpanan yang dipakai tersebut
    Mohon Pencerahannya mas Thomas
    Terima kasih banyak

  • Mmas mau nanya mending beli nokia xl, sony xperia e3 apa lumia 535 sma oppo neo 3 mohon sarannya ya

  • Salam semua…saya pnngguna lumia 535.sya mo nanya mas…knpa tdak ad notifikasi bbm saat layar terkunci…jd baru nmpuk smua pesan bbm masuk..saat nya dibuka….kesalahannya dimana ya mas…mohon solusi..thk

  • kak, memori card aku gak kebaca padahal kalau disambungin ke pc kebaca. kenapa ya? padahal semua aplikasi saya simpan di memori card:(

  • Bro kalau melihat file yang baru di unduh itu dimana ya ? Sama file-file yang dikirim lewat bluetooth?

  • Maaf mas mau tanya,saya pakai lumia 925, pas mau nambah kontak no hp kok gag bisa yaa? Saya tambah lewat aplikasi sosial itu juga gag bisa,kendalanya pas saya sentuh tanda + malah balik lagi ke layar awal

  • Gan bbm di lumia 535 ku sudah 3 hr g
    bisa di buka dan sudah aku instal ulang tetep aja g bisa gimana y paket data juga masih ada dan ku coba pake wifi juga sama aj g bisa tolong solusinya

  • mas, ask dong..
    ada cara untuk mengcapture photo (terutama selfie/pake kamera depan) pake tombol volume lumia 535 ga? Lumia creative dan lumia selfie tetep gabisa capture pake tombol volume.

  • Mas kalo hasil jepretan kamera di hp lumia tidak tersimpan di rol kamera kenapa itu ya? Bagaimana mengatasinya?