Tentang Bekerja dengan Cepat

Ada yang bilang bahwa lebih baik “work smart” selain “work hard”. Lalu, ada pula “work fast” alias bekerja dengan cepat. Dan, sepertinya bekerja dengan cepat — untuk menghasilkan sebuah hasil apapun itu, memang menjadi harapan bagi banyak orang. Dalam pekerjaan hal ini tentu saja sangat baik. Tapi, mungkin ada sisi yang lain, yaitu kadang pekerjaan yang diselesaikan dengan cepat ini memiliki persepsi yang berbeda.

Maksud saya dengan kata “berbeda” disini adalah bahwa mungkin muncul dua kemungkinan. Pertama, asumsi bahwa pekerjaan tersebut mudah. Sialnya, kadang mudah diidentikan dengan pekerjaan yang murah. Ini yang sepertinya tidak enak.

Nah, dari sisi pekerja, ada dua hal yang membuat sebuah pekerjaan bisa lebih cepat selesai:

  • Pekerjaan tersebut memang mudah untuk diselesaikan, atau
  • Pekerjaan tersebut sulit dilakukan (dibandingkan dengan orang lain yang mengerjakan), namun bisa selesai dengan cepat karena yang mengerjakan sangat menguasainya. Because he/she is good at it.

Yang sering muncul adalah pemberi pekerjaan kadang memiliki sebuah persepsi bahwa, “Ah, itu kan gampang, cuma ini dan itu.” Padahal, ini dan itu bisa jadi pekerjaan yang sulit dan memakan waktu lebih lama. Sedangkan Anda, bisa mengerjakannya dengan jauh lebih cepat, karena Anda ini memang keahlian Anda.

Dilematis memang…

1 Comment