Tarif Makin Murah, Layanan Makin Parah?

Beberapa minggu ini, saya mengalami cukup banyak masalah yang terjadi menyangkut sarana komunikasi telepon selular. Memang di berbagai media promosi tentang persaingan tarif antar operator layanan komunikasi makin gencar, tapi kok sepertinya makin gencar pula masalahnya ya?

proxl

Saya pengguna kartu prabayar Pro XL, sampai saat ini belum tertarik untuk pindah ke provider lain, karena alasan kepraktisan. Nomor XL ini menjadi nomor saya yang saya beli pertama kali beberapa tahun lalu. Pernah kejadian –cukup lama, dimana saya benar-benar ingin ganti ke penyedia layanan lain. Waktu itu, didaerah saya sinyal kuat, tapi jangankan untuk telepon, untuk SMS saja tidak bisa sama sekali. Adik saya yang saat itu menggunakan kartu XL juga mengalami hal yang sama. Bahkan, ketika kebetulan mengobrol dengan tetangga depan rumah, dia mengalami hal yang sama. Tapi, masalah ini hanya terjadi dalam radius beberapa ratus meter saja.

Kalau misalnya saya sedang keluar rumah dan berada kurang lebih 300 meter dari tempat saya, nomor bisa digunakan dengan lancar. Waktu itu, kejadian berlangsung selama kurang lebih 3 hari. Mungkin saking dodolnya, waktu itu saya sempat paksakan keluar rumah hanya untuk sekadar kirim SMS. Doh!


Saat itu, saya menghubungi layanan pelanggan dan setelah memberitahukan permasalahan, kalau tidak salah keesokan harinya semua berjalan dengan baik kembali. Tapi, adik saya sudah memutuskan untuk ganti provider.

Kemarin malam, saya mencoba menghubungi teman saya yang ada di Jakarta. Hasilnya? Susah sekali melakukan panggilan karena jaringan sibuk. Ketika sedang berbicara, tiba-tiba saja pembicaraan terputus. Lagi-lagi karena jaringan. Mencoba telpon lagi, susah sekali. Baru berhasil setelah beberapa kali percobaaan. Menyebalkan!

Cewek saya — sebagai pengguna layanan pasca bayar Xplor — juga mulai merasakan ketidaknyamanan. Pelanggan pasca bayar mungkin memang menjadi anak tiri. Memang pemilihan paket pasca bayar karena lebih banyak dimanfaatkan untuk koneksi internet. Awalnya, tidak masalah sama sekali. Koneksi baik-baik saja. Tapi, beberapa minggu ini masalah juga datang, susah sekali melakukan koneksi internet. Koneksi ini dilakukan dari tempat yang sama, dengan perangkat yang sama. Kalau dulu baik-baik saja, dan sekarang bermasalah… apa yang salah?

flexi

Hari ini, ketika nelpon cewek saya — dengan menggunakan Flexi — hasilnya sama saja. Belum ada lima menit, koneksi tiba-tiba terputus. Saya coba lagi, baru satu menit, sudah putus. Bahkan, setelah dihitung-hitung, sampai sekitar delapan kali melakukan panggilan, dan semuanya berakhir dengan terputusnya pembicaraan.

Saya mungkin satu diantara beberapa orang yang tidak terlalu terpengaruh dengan maraknya persaingan antar operator telekomunikasi. Yang penting, layanan lancar. Jadi, saya harus setuju dengan yang disampaikan Mas Wicak, bahwa penurunan tarif telekomunikasi bisa menjadi kabar buruk. Kasihan monyet sama kambing…

18 Comments

  • Gw juga mengalami hal yang sama nich, pake XL juga. Kaya’nya memang disengaja koneksinya diputusin biar mereka ga rugi dengan skema tarif yang mereka berlakukan sekarang :p.

  • Saya juga pengguna XL, dan emang bener kalo belakangan jaringannya bener-bener mengecewakan. GPRS dan call sering drop, sms sering failed. Denger-denger operator lain juga gini yah?

    Kalo murah emang ga boleh bagus kali :(

  • Saya juga dulu pernah pakai xl, tapi gara-gara ada promo nelpon malam gratis jadi susah nelpon, susah nerima telpon, akhirnya pindah gsm lain, Sekarang pakai mentari ok2 aja

  • Sama ni thom…gue pake xl, hari2 skarang makin kamvret euy!. Sinyalna jadi jelek, suara gmrisik mulu. Trus, baru nelp bentar suka putus sendiri dan nelp jadi susah banget. Line busy mulu. SMS jg kamvret, failed mulu… jadi bikin bt jg.

  • gw pake xl juga. cm biasanya sms.
    telpun cm nerima aja.

    sms gag pernah failed, nrima telpun jg gag pernah putus.
    kemarin putus gara2 lobet :D

    * nunggu bonus dari eksel *

  • saya juga gak setuju, apabila penuruna tarif menyebabkan penurunan kualitas…kasihan pelanngan..

    moga tulisan ini didenger para petinggi penyedia layanan telekomunikasi..

  • sebagai pelanggan pasca bayar Halo kalo masalah koneksi sih aku nggak komen. tapi, rasanya kok saya dianaktirikan, ya? jarang ada promo utk pasca bayar. mungkin karena operator mikir: ngapain bikin promo, toh mereka ini nggak akan hengkang karena sudah jadi pelanggan tetap.

    asemmmm!

  • yup betul itu, makin parah aja kualitasnya..

    pernah suatu kali pas sedang dalam pembicaraan dengan seorang teman, tiba2 suara dia berubah jadi suara bapak2.. dan teman yang disebrangpun katanya ngalamin hal serupa, dia bilang suara saya tiba2 jadi ibu…kekekek ntah kenapa bisa tiba2 berubah saluran line telpon gitu…

  • Oh iya, pastinya. Telkomsel dong keren banget, sms bisa pending berapa jam. Nelpon juga linenya sibuk melulu, bahkan sekarang nelpon CS aja gak bisa. Keren banget lah pokoknya.

    Aku sih mending tarif gak usah dinaikin, jadi kalo ada trouble begini bisa ngamuk-ngamuk tanpa sifat permisif ke operator.

    Apa harus kembali pake merpati pos aja kayaknya ya, mas? :D

  • Ah,
    risa pake xl baek” aja.
    tiada masalah yang berarti kecuali masalah kekurangan pulsa
    :D

  • ne xl makin najis aja, tarif semau mu sepuas mu sama ae butut nya… nelp on tiap 31 / 21 / 51(kalo hoki) da mati dolo.. pulsa ma bayar tetep aja. palagi naek terus awal 1800 trus 2400 sekarang … trus parahnya lg apa2 mesti bayar, mau ganti jenis tarif bayar 1000 mau tanya operator jg bayar huh~ yang paling gw jengkel dr Xl PULSA GW DR Rp.16000 tiba2 lenyap jadi Rp. 0 Bangsat dah.. ga cuma gw aja temen gw jg gt !! kalian pernah ?