Tarif Makin Murah, Layanan Makin Parah?

Beberapa minggu ini, saya mengalami cukup banyak masalah yang terjadi menyangkut sarana komunikasi telepon selular. Memang di berbagai media promosi tentang persaingan tarif antar operator layanan komunikasi makin gencar, tapi kok sepertinya makin gencar pula masalahnya ya?

proxl

Saya pengguna kartu prabayar Pro XL, sampai saat ini belum tertarik untuk pindah ke provider lain, karena alasan kepraktisan. Nomor XL ini menjadi nomor saya yang saya beli pertama kali beberapa tahun lalu. Pernah kejadian –cukup lama, dimana saya benar-benar ingin ganti ke penyedia layanan lain. Waktu itu, didaerah saya sinyal kuat, tapi jangankan untuk telepon, untuk SMS saja tidak bisa sama sekali. Adik saya yang saat itu menggunakan kartu XL juga mengalami hal yang sama. Bahkan, ketika kebetulan mengobrol dengan tetangga depan rumah, dia mengalami hal yang sama. Tapi, masalah ini hanya terjadi dalam radius beberapa ratus meter saja.

Kalau misalnya saya sedang keluar rumah dan berada kurang lebih 300 meter dari tempat saya, nomor bisa digunakan dengan lancar. Waktu itu, kejadian berlangsung selama kurang lebih 3 hari. Mungkin saking dodolnya, waktu itu saya sempat paksakan keluar rumah hanya untuk sekadar kirim SMS. Doh!


Saat itu, saya menghubungi layanan pelanggan dan setelah memberitahukan permasalahan, kalau tidak salah keesokan harinya semua berjalan dengan baik kembali. Tapi, adik saya sudah memutuskan untuk ganti provider.

Kemarin malam, saya mencoba menghubungi teman saya yang ada di Jakarta. Hasilnya? Susah sekali melakukan panggilan karena jaringan sibuk. Ketika sedang berbicara, tiba-tiba saja pembicaraan terputus. Lagi-lagi karena jaringan. Mencoba telpon lagi, susah sekali. Baru berhasil setelah beberapa kali percobaaan. Menyebalkan!

Cewek saya — sebagai pengguna layanan pasca bayar Xplor — juga mulai merasakan ketidaknyamanan. Pelanggan pasca bayar mungkin memang menjadi anak tiri. Memang pemilihan paket pasca bayar karena lebih banyak dimanfaatkan untuk koneksi internet. Awalnya, tidak masalah sama sekali. Koneksi baik-baik saja. Tapi, beberapa minggu ini masalah juga datang, susah sekali melakukan koneksi internet. Koneksi ini dilakukan dari tempat yang sama, dengan perangkat yang sama. Kalau dulu baik-baik saja, dan sekarang bermasalah… apa yang salah?

flexi

Hari ini, ketika nelpon cewek saya — dengan menggunakan Flexi — hasilnya sama saja. Belum ada lima menit, koneksi tiba-tiba terputus. Saya coba lagi, baru satu menit, sudah putus. Bahkan, setelah dihitung-hitung, sampai sekitar delapan kali melakukan panggilan, dan semuanya berakhir dengan terputusnya pembicaraan.

Saya mungkin satu diantara beberapa orang yang tidak terlalu terpengaruh dengan maraknya persaingan antar operator telekomunikasi. Yang penting, layanan lancar. Jadi, saya harus setuju dengan yang disampaikan Mas Wicak, bahwa penurunan tarif telekomunikasi bisa menjadi kabar buruk. Kasihan monyet sama kambing…