Perubahan/Penambahan Daya Listrik PLN Secara Online

Rumah milik orang tua yang dulu pertama kali dibangun, lalu dikontrakkan, dan masih dalam tahap akhir renovasi membutuhkan penambahan daya listrik. Selama ini, listrik yang terpasang hanya memiliki daya sebesar 450 VA. Karena keperluan penggunaan listrik yang bertambah, saya putuskan untuk melakukan penambahan daya.

Selama ini, terkait dengan PLN saya hampir hanya melakukan transaksi untuk pembayaran listrik. Proses inipun saya lakukan dengan memanfaatkan layanan pembayaran melalui internet banking. Dari beberapa informasi melalui media, PLN sepertinya terus berbenah. Misalnya, banyak hal yang dapat dilakukan secara online, daripada harus datang secara fisik ke kantor PLN.

Akhirnya, pada Selasa, 3 November 2015, saya coba lakukan permohonan penambahan daya melalui situs PLN. Memang saat ini prosesnya belum selesai, namun untuk tahap awal, paling tidak prosesnya berjalan dengan cukup lancar.

Pengajuan Permohonan

Di situs PLN, ada beberapa fitur layanan online seperti pengecekan tagihan listri, pemasangan baru, perubahan daya, dan penyambungan sementara.

  • Saya pilih menu layanan Perubahan Daya yang membawa saya ke alamat www.pln.co.id/pbpd/PD.php
  • Kemudian, saya lakukan pencarian data terlebih dahulu dengan memasukkan informasi ID Pelanggan dan dilanjutkan dengan mengisi identitas.
Halaman formulir perubahan daya
Halaman formulir perubahan daya
  • Pada bagian “Tarif/Daya Baru” saya memasukkan informasi penambahan menjadi 1.300 VA. Sebagai informasi, untuk daya sebesar 450 VA dan 900 VA hanya dapat diproses langsung melalui loket dengan persyaratan tambahan. Dalam situs, muncul notifikasi peringatan ketika memilih salah satu pilihan daya tersebut yaitu “Mohon maaf, Sambungan 450 VA dan 900 VA hanya dilayani di kantor (loket) PLN dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari kepala Desa/Lurah”
  • Proses yang saya ajukan sekaligus untuk melakukan migrasi dari metode listrik pasca bayar menjadi prabayar. Dalam formulir tersebut, saya sekaligus mengisikan untuk Token Perdana sebesar 20.000.

Dalam halaman tersebut juga dapat diketahui jumlah total biaya yang dibayarkan. Untuk permohonan yang saya ajukan (mengubah dari 450 VA menjadi 1.300 VA, pasca bayar, dengan token perdana sebesar 20.000), saya dikenakan biaya sebesar Rp 819.450,00 dengan perincian:

  • BP: Rp 796.450
  • Token: Rp 18.518
  • PPJ: Rp 1.482
  • Materai: Rp 3.000

Selanjutnya, saya tinggal lakukan proses pengajuan ini. Tak lama kemudian, sebuah informasi terkirim ke alamat surel yang saya masukkan dalam formulir tersebut. Surel pertama ini memberitahukan dan meminta konfirmasi tentang permohonan yang baru saja saya lakukan. Dalam surel tersebut tertulis tentang detil permohonan, dan sebuah kode transaksi yang perlu saya isikan dalam proses konfirmasi. Proses ini dapat dilakukan secara online melalui alamat www.pln.co.id/pbpd/Konfirmasi.php

Pembayaran

Setelah konfirmasi saya lakukan, saya mendapatkan surel lanjutan yang menyertakan informasi tentang nomor registrasi yang sekaligus menjadi kode bayar. Jadi, dalam proses ini yang perlu dilakukan hanyalah melakukan pembayaran dalam waktu maksimal 30 hari (sejak saya terima nomor registrasi tersebut). Saya memilih melakukan pembayaran melalui ATM.

Proses selanjutnya adalah menunggu tindak lanjut dari pihak PLN terhadap pengajuan permohonan tersebut. Informasi tentang status permohonan dapat dipantau melalui alamat www.pln.co.id/pbpd/Status.php. Berapa lama proses selanjutnya? Saya juga belum tahu. Saya akan perbarui artikel ini jika ada informasi lanjutan.

Perbaruan informasi: 9 November 2015

Dari halaman pelacakan status, saya mencoba kadang-kadang melihat perubahan status, apakah sudah ada perkembangan atau belum. Di tanggal 5 November 2015, saya coba bertanya kepada PLN melalui kanal media sosial.

Jadi, perkiraan waktu pemasangan (atau dalam hal ini penambahan daya) dilakukan 5 (lima) hari kerja. Oh ya, status permohonan juga terus menampilkan durasi waktu pemasangan/penyalaan yang terpantau dalam gambar berikut.

Pelacakan Status Permohonan Penambahan Daya
Pelacakan Status Permohonan Penambahan Daya

Pagi 9 November 2015, sekitar pukul 08.30 WIB, saya mendapatkan sebuah pesan singkat dari pihak teknisi dari PLN. Saya tahu, karena pengirim SMS memperkenalkan diri dan memberikan informasi tentang permohonan saya. Jadi, petugas menanyakan tentang lokasi yang harus dikunjungi. Setelah bertukar pesan singkat, beliau mengatakan perkiraan waktu sampai, karena kebetulan ada beberapa tugas dari pemohon yang lain.

Sekitar pukul 12.00 WIB, saya diberitahu bahwa petugas akan segera sampai ke rumah. Langsung saja proses penggantian meteran dari pasca bayar dilakukan pengubahan menjadi pra bayar sesuai dengan instruksi permohonan. Seluruh proses instalasi dari awal sampai siap terpakai ternyata tidak sampai 30 menit. Cepat!

22269469654_370da2bacf_k

Terlepas dari kadang mengalami kekesalan karena mengalami pemadaman listrik, namun pengalaman diatas cukup menunjukkan bahwa layanan yang diberikan sangat baik. Mungkin hal seperti ini sudah berlangsung lama, namun karena memang baru kali ini saya menggunakan layanan semacam ini, jadi mungkin pengalaman yang baik ini baru saya rasakan. Semua transaparan, dapat dilakukan pelacakan.

Terima kasih, PLN!

Catatan: Pengalaman ini adalah pengalaman pribadi yang saya alami. Pengalaman berbeda mungkin dapat terjadi dalam kasus yang berbeda.