Pertanyaan untuk capres dan cawapres

Setelah melihat dan mendengarkan acara debat pertama para calon presiden untuk pemilu presiden mendatang, saya jadi punya pertanyaan untuk masing-masing capres (dan mungkin cawapres).

Pertanyaannya adalah: “Bagaimana menurut Anda (capres dan cawapres), kelebihan yang dimiliki oleh capres dan cawapres lainnya?”.

Ya, mungkin ini pertanyaan yang sangat kecil kemungkinannya untuk dilontarkan. Tapi, jujur saja saya penasaran dengan jawaban dari masing-masing capres dan cawapres. Yang sering terjadi adalah mencari kelemahan lawan politik. Mencari segala kejelekan, yang semoga dengan ini akan membuat mereka (tampak) lebih baik.

Tapi, dengan berani secara terbuka memberikan pendapat tentang kebaikan pihak lain diluar diri mereka sendiri, toh itu juga akan berpeluang untuk memperlihatkan kelebihan mereka juga.

Eh, nggak juga ya? Tapi, kira-kira kalau pertanyaan semacam ini diajukan, kira-kira jawabannya bagaimana ya?

1 Comment

  • Kalau saya mengamati ini bukan debat melainkan pemaparan program kalau mau dikatakan, diskusi warung kopi sesama tukang becak,apa yang di jabarkan hanya seromonial belaka jadi sekali lagi bukan debat,kalau kata debat itu adu argumantasi;ini menandakan intelektual kita tidak bisa bahasa Indonesia yang dan benar cotohnya ;bahasa indonesia di campur dengan bahasa asing apa bahasa indonesia kurang kosa kata saya mohon untuk pembawa acara tolang orang seperti ini di perdebatkan terima kasih