Permasalahan akun Internet Banking BCA diblokir karena antivirus?

Sore tadi, saya coba login ke Internet Banking BCA di kantor. Dan, entah kenapa tidak bisa login dengan pesan untuk menghubungi layanan konsumen BCA. Saya pikir mungkin sistem sedang tidak berjalan normal, jadi saya tunggu terlebih dahulu. Beberapa jam kemudian, saya coba lagi dan mendapatkan pesan yang sama.

Screen Shot 2012-12-22 at 12.02.14 AM

Dalam perjalanan pulang dari kantor, saya sempatkan akses dari ponsel — yang memang aktivitas yang saya kadang lakukan. Tetap tidak bisa login juga. Ketika saya sampai rumah, saya coba lagi, dan tetap tidak bisa masuk. Akhirnya saya putuskan untuk menelpon layanan konsumen Halo BCA melalui ponsel ke nomor 021-500888. Sebelum melanjutkan, berikut aktivitas/kondisi yang mungkin nantinya bisa menjadi gambaran kejadiannya.

  • Saya hanya mengakses KlikBCA melalui laptop saya satu-satunya — sebuah MacBook Pro.
  • Kadang, saya mengakses KlikBCA versi mobile melalui ponsel. Dan selalu menggunakan iPhone. Saya tidak pernah melakukan login melalui aplikasi Mobile BCA atau melakukan transaksi melalui mobile banking atau SMS banking.
  • Saya paham tentang https://ibank.klikbca.com dan https://m.klikbca.com
  • Saya selalu buka situs melalui peramban Google Chrome atau kadang Safari, dan kedua peramban tersebut selalu dalam versi terbaru.
  • Token KeyBCA saya selalu saya pegang
  • Saya ingat dengan sangat nomor PIN ATM dan PIN Internet Banking saya
  • Kartu ATM saya (dua buah) selalu saya pegang dan tidak saya pindah tangankan ke siapapun
  • Transaksi terakhir melalui Internet Banking saya lakukan pada tanggal 20 Desember 2012 pukul 16:49:46 untuk melakukan pembelian pulsa. Dan, transaksi tersebut berhasil tanpa masalah.

Setelah menunggu dari layanan BCA, saya akhirnya terhubung dengan salah satu Customer Service Officer (CSO). Ya, saya sedikit banyak paham tentang bagaimana model Call Center seperti ini. Saya jelaskan situasinya, dan mengkonfirmasi validitas data saya terlebih dahulu. Saya paham bahwa ini adalah prosedur standar yang harus dilakukan.

Ketika saya tanyakan permasalahan saya, saya mendapatkan jawaban bahwa: Akses/rekening BCA saya diblokir karena terindikasi adanya virus di komputer, dan pemblokiran dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Sekali lagi: Karena komputer yang saya gunakan terindikasi terkena virus. Heran? Iya. Bingung? Banget.

Saya sempat memberikan argumen bahwa kecil kemungkinan kalau komputer saya — saya menyebutnya dengan laptop — terkena virus. Saya jelaskan pula kalau saya mengakses situs hanya dari laptop saya tersebut. Jelas saya tidak puas atas jawabannya. CSO tetap memberikan informasi dan argumen bahwa saya harus meng-update antivirus yang ada di PC — ya selalu digunakan kata PC. Saya jelaskan lagi kalau saya pakai MacBook, dan saya tanya balik tentang antivirus yang harus saya gunakan apa. Dan saya tidak mendapatkan jawaban.

Saya tidak ingin berargumentasi lebih panjang lagi seputar hal ini, karena saya yakin jawabannya hanya akan sama dan berputar-putar lagi. Saya diberitahu lagi seputar tips keamanan dan bahwa harus berhati-hati tentang adanya virus. Saya tetap bersikukuh bahwa tidak ada yang salah dengan aktivitas saya.

Saya tanyakan untuk berikutnya apa yang harus saya lakukan dan bagaimana untuk memecahkan permasalahan utama saya tersebut. Akhirnya saya dibantu untuk melakukan me-release akses. Dan, masih terkait dengan virus bahkan saya direkomendasikan untuk memformat ulang PC saya. DUH!

Saya juga diberitahu/disarankan untuk memeriksa daftar tujuan pembayaran kalau misalnya ada daftar rekening tujuan yang sekiranya tidak dikenal untuk bisa dihapus terlebih dahulu. Seingat saya, untuk menambahkan daftar rekening tujuan harus menggunakan KeyBCA. Lha?

Screen Shot 2012-12-22 at 12.24.16 AM

Sekarang, internet banking saya terblokir. Saya diminta untuk melakukan registrasi ulang ke ATM BCA terdekat, sama seperti awal dulu. Satu hal yang pasti, saya masih penasaran dengan kejadian ini. Ya, saya nasabah yang sedang sial.

Ada yang mengalami kejadian serupa?

[Update 22 Desember 2012 pukul 10:52]

Oh ya, saya sendiri memiliki dua rekening BCA tapi hanya salah satu yang sering saya gunakan. Keduanya terhubung melalui token BCA yang sama dan selalu saya mengakses internet banking dari laptop yang sama.

Baru saja saya coba login ke internet banking BCA dengan menggunakan ID rekening kedua (dari laptop yang sama), dan dapat masuk dengan baik tanpa masalah. Jadi, saat ini yang mengalami permasalahan adalah untuk ID KlikBCA dengan nomor rekening utama.