Permasalahan akun Internet Banking BCA diblokir karena antivirus?

Sore tadi, saya coba login ke Internet Banking BCA di kantor. Dan, entah kenapa tidak bisa login dengan pesan untuk menghubungi layanan konsumen BCA. Saya pikir mungkin sistem sedang tidak berjalan normal, jadi saya tunggu terlebih dahulu. Beberapa jam kemudian, saya coba lagi dan mendapatkan pesan yang sama.

Screen Shot 2012-12-22 at 12.02.14 AM

Dalam perjalanan pulang dari kantor, saya sempatkan akses dari ponsel — yang memang aktivitas yang saya kadang lakukan. Tetap tidak bisa login juga. Ketika saya sampai rumah, saya coba lagi, dan tetap tidak bisa masuk. Akhirnya saya putuskan untuk menelpon layanan konsumen Halo BCA melalui ponsel ke nomor 021-500888. Sebelum melanjutkan, berikut aktivitas/kondisi yang mungkin nantinya bisa menjadi gambaran kejadiannya.

  • Saya hanya mengakses KlikBCA melalui laptop saya satu-satunya — sebuah MacBook Pro.
  • Kadang, saya mengakses KlikBCA versi mobile melalui ponsel. Dan selalu menggunakan iPhone. Saya tidak pernah melakukan login melalui aplikasi Mobile BCA atau melakukan transaksi melalui mobile banking atau SMS banking.
  • Saya paham tentang https://ibank.klikbca.com dan https://m.klikbca.com
  • Saya selalu buka situs melalui peramban Google Chrome atau kadang Safari, dan kedua peramban tersebut selalu dalam versi terbaru.
  • Token KeyBCA saya selalu saya pegang
  • Saya ingat dengan sangat nomor PIN ATM dan PIN Internet Banking saya
  • Kartu ATM saya (dua buah) selalu saya pegang dan tidak saya pindah tangankan ke siapapun
  • Transaksi terakhir melalui Internet Banking saya lakukan pada tanggal 20 Desember 2012 pukul 16:49:46 untuk melakukan pembelian pulsa. Dan, transaksi tersebut berhasil tanpa masalah.

Setelah menunggu dari layanan BCA, saya akhirnya terhubung dengan salah satu Customer Service Officer (CSO). Ya, saya sedikit banyak paham tentang bagaimana model Call Center seperti ini. Saya jelaskan situasinya, dan mengkonfirmasi validitas data saya terlebih dahulu. Saya paham bahwa ini adalah prosedur standar yang harus dilakukan.

Ketika saya tanyakan permasalahan saya, saya mendapatkan jawaban bahwa: Akses/rekening BCA saya diblokir karena terindikasi adanya virus di komputer, dan pemblokiran dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Sekali lagi: Karena komputer yang saya gunakan terindikasi terkena virus. Heran? Iya. Bingung? Banget.

Saya sempat memberikan argumen bahwa kecil kemungkinan kalau komputer saya — saya menyebutnya dengan laptop — terkena virus. Saya jelaskan pula kalau saya mengakses situs hanya dari laptop saya tersebut. Jelas saya tidak puas atas jawabannya. CSO tetap memberikan informasi dan argumen bahwa saya harus meng-update antivirus yang ada di PC — ya selalu digunakan kata PC. Saya jelaskan lagi kalau saya pakai MacBook, dan saya tanya balik tentang antivirus yang harus saya gunakan apa. Dan saya tidak mendapatkan jawaban.

Saya tidak ingin berargumentasi lebih panjang lagi seputar hal ini, karena saya yakin jawabannya hanya akan sama dan berputar-putar lagi. Saya diberitahu lagi seputar tips keamanan dan bahwa harus berhati-hati tentang adanya virus. Saya tetap bersikukuh bahwa tidak ada yang salah dengan aktivitas saya.

Saya tanyakan untuk berikutnya apa yang harus saya lakukan dan bagaimana untuk memecahkan permasalahan utama saya tersebut. Akhirnya saya dibantu untuk melakukan me-release akses. Dan, masih terkait dengan virus bahkan saya direkomendasikan untuk memformat ulang PC saya. DUH!

Saya juga diberitahu/disarankan untuk memeriksa daftar tujuan pembayaran kalau misalnya ada daftar rekening tujuan yang sekiranya tidak dikenal untuk bisa dihapus terlebih dahulu. Seingat saya, untuk menambahkan daftar rekening tujuan harus menggunakan KeyBCA. Lha?

Screen Shot 2012-12-22 at 12.24.16 AM

Sekarang, internet banking saya terblokir. Saya diminta untuk melakukan registrasi ulang ke ATM BCA terdekat, sama seperti awal dulu. Satu hal yang pasti, saya masih penasaran dengan kejadian ini. Ya, saya nasabah yang sedang sial.

Ada yang mengalami kejadian serupa?

[Update 22 Desember 2012 pukul 10:52]

Oh ya, saya sendiri memiliki dua rekening BCA tapi hanya salah satu yang sering saya gunakan. Keduanya terhubung melalui token BCA yang sama dan selalu saya mengakses internet banking dari laptop yang sama.

Baru saja saya coba login ke internet banking BCA dengan menggunakan ID rekening kedua (dari laptop yang sama), dan dapat masuk dengan baik tanpa masalah. Jadi, saat ini yang mengalami permasalahan adalah untuk ID KlikBCA dengan nomor rekening utama.

39 Comments

  • Ini kejadian yang sama tadi siang kepada klik bca saya, pagi2 sekitar jam 6 21 Desember 2012 saya masih bisa melakukan login klik bca, ketika login kembali jam 12 siang langsung keluar silahkan hubungi hallo bca, posisi saya sedang diluar negeri pun terpaksa merelakan membuang pulsa untuk menelpon halo bca, dan jawaban CSO sama percis seperti apa yang ada di blog ini, kalopun kena virus itu virusnya virus apa? dan infeksinya gimana? perlu diketahui juga saya sedikit mengetahui perihal IT dan mengerti masalah security dan virus-virusan. ketika tanya ke CSO bca hanya disarankan untuk menginstall antivirus ataupun format ulang komputer, kalo saya ada di indo sih bisa aja reset saya pergi ke atm selesai, ini saya sedang berada di luar negeri dan butuh internet banking buat bayar tagihan ini itu di indo. Cape ini Bank gede sekelas BCA jawaban CSO di buat sama standar semua tanpa merinci virus apa sebenarnya yang sedang menjangkit klik bca????

    • Hi Ujang,

      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Ada yang bisa kami bantu kembali terkait permasalahan Anda? Anda bisa mention @halobca kapan saja untuk kami bantu lebih lanjut atau bisa tinggalkan contact number or email untuk bisa kami hubungi. Ditunggu ya.

      Terima kasih

      halo bca

      • Hi Ujang, Hi Hallo BCA, sama seperti Ujang saya juga tinggal di luar negeri dan tidak bisa mengakses online banking mulai tgl 21 desember dengan alasan yang sama. Begitu banyak nasabah yang jadi korban BCA, tetap saja susah sekali mengaktifkan kembali akses onlne banking saya Setiap laporan harus nunggu 10 hari, dan tepat di hari ke 10 mereka akan memberikan alasan ini itu sehingga tidak bisa mengaktifkan, lalu laporan ditutup akses online banking tidak dibuka. Lalu harus nelepon lagi bolak balik, buka laporan baru, tunggu 10 hari lagi.

        Akhirnya saya kirim saja ATM ke Indonesia. BCA benar2 mengecewakan. Saya rasa suatu saat nanti kalau layanan masih mengecewakan seperti ini, BCA akan kalah dengan Bank2 lainnya. Semoga saja!

      • Hallo BCA, saya juga mengalami hal yg sama dengan Ujang, dan saya jg sekarang di luar negeri, saya tidak bisa login mulai tadi pagi sampai sekarang, saat ini saya belum melakukan tindakan apa-apa, bisa tolong petunjuknya apa yg harus saya lakukan? email saya: ariesna.asn@gmail.com terimakasih..

  • Sama saya jg di blok, suru nunggu 2 jam. Dah lwat 12 jam jg msh sama aja

    3 rekening ga bs smua di akses
    Pdhal tmen kantor bisa, apa emang bner ada virusnya ya. Krng spesifik infonya
    Saya jg pake mac

  • Idem, pake ubuntu dan chrome, kejadian dan respon halo bca persis, suruh daftar atm bca lagi, padahal lagi di luar negeri, mudik baru juni juli 2013. Bca kacau nih!

  • saya juga mengalami masalah seperti ini, saya juga sudah menghubungi halo bca dan jawabannya sama persis.. karena pc saya kena virus, padahal selama ini saya akses klikbca lewat ipad.. ntah dr mana tu virus…

    kru halo bca memberikan solusi untuk akses via pc dan pc saya DIFORMAT terlebih dulu, konyol sekali.. saya sangat emosi dan marah, hingga akhirnya saya minta reset aja… berhasil

    pada akhirnya, kru halo bca baru bilang kalo ada hacker menyusup ke jaringan klikbca.. makanya mereka menyuruh update anti virus..

    yg sangat disayangkan, jika memang ada hacker yg menyusup, lebih baik diinformasikan sehingga user klikbca bisa waspada. bukannya malah menyalahkan PC ato laptop user klikbca

    saya sangat kecewa dengan pelayanan spt ini. semoga ada perubahan

  • Thanks brok sharingnya. Aku barusan mengalami hal yg sama. Mengalami respon yg sama pula. Dicurigai virus, dan disuruh format ulang komputer. Ditambah nasehat: “Ibu jangan mengakses klikbca di sembarang tempat.”

    Dan Aku jawab: “saya mengakses di diua komputer pribadi, dan ga pernah mengakses di tempat umum.”

    Dia bilang “Silahkan ibu format dulu komputer2 yg ibu pakai, lalu laporkan kembali ke haloBCA supaya kami bisa mereset akun Ibu.”

    Lalu Aku tambahkan “komputer saya udah saya jual. Makanya saya ngakses klikbca dr iphone. Sebelum saya jual, kedua komputer itu sudah saya format. Bisa direset sekarang?”

    Lalu dia bilang “untuk mereset kami butuh menghubungi pihak yang terkait, karena kami harus membuat laporannya terlebih dahulu.”

    Aku: “waduh.. Kok ribet ya, Mas. Berapa lama kira2 waktu yg dibutuhkan untuk mereset?”

    Dia: “kami tidak bisa memberikan kepastian berapa lama.”

    Aku: “terus apa yg bisa saya lakukan sambil menunggu akun saya aktif?”

    Terus mas-nya agak bingung. Terus dia bilang: “kami akan membuat laporannya segera. Mohon kesediaannya menunggu”

    :|

    Trs aku baca blogmu lagi, aku baru inget barusan ngakses klikbca ga pake wifi, yg artinya app Onavonya aktif.

    Tapi kenapa punya kamu bisa direset segera? Dan aku ga bisa :|

    Tapi overall, sebenrnya bukan salah mas operatornya sih. Tapi sistemnya agak kusut.

    So, sekarang aku ga bisa ngakses klikBCA sampai waktu yg belum bisa ditentukan :|

    *komennya panjang*

    • Barusan ditelp BCA. Karena keluhan via twitter. Akunku langsung di-reset. Jagoan mbak2 yg megang twitternya drpd Operator HaloBCA.

  • Wah… saya juga mengalami akun kilikbca diblokir, bukan karena “virus” tapi karena dianggap salah 3x saat memasukkan token bca. Padahal saya sudah hati-hati dan memastikan bahwa inputan saya benar lho, tapi tetap aja dianggap salah dan akhirnya diblokir lalu disuruh telepon halo bca.

    Ya sudah, nelpon halo bca lama banget nunggunya padahal malam-malam, setelah nunggu sepuluh menitan baru tersambung. Saya adukan masalah saya, lalu biasalah saya “diinterogasi” u/ formalitas dan keamanan :D. Akhirnya direset dan saya disuruh daftar ulang ke atm bca seperti pertama kali. Begitu cerita saya :D

  • saya juga sama punya kejadian key bca diblok, kebetulan saya sedang berada diluar negri, anehnya smua document, visa, paspor dan data diri g ada dech yg ketinggalan. semua disuruh kirim, cuma bank sekelas BCA yg terkenal di indonesia rumitnya minta ampun hanya utk membuka blokiran, dan waktunya itu lebih dari 10 hari, terpaksa gak bisa bayar bayar dulu dech,,,,dan juga buat ATMnya sendiri g bisa dipakai, meskipun msh sebatas asia,

  • Saya jg kesal dgn tanggapan2 cso yg kesannya ngasal dan nggak tau apa2. Tp yah… Namanya jg cso.. Mungkin saja dia cuma baca ulang dari buku panduan. Saya pernah kena blokir di bri langsung ditanya error code-nya apa, saya beritahukan, dia bacakan arti yg dia punya. Sepertinya semua sudah prosedur, kalo a pasti b, kalo b pasti c. Kalau anda tanya lebih lanjut jg mrk tidak bs menjawab. Jd iya2 ajalah drpd cape ati mikirin lbh lanjut. Ikuti saja prosedur. Yg bikin prosedur juga blum tentu pinter.

  • mohon pencerahan. id saya bisa di login tapi waktu check saldo tulisannya ( – ), biasanya kalo saldo kosong tulisannya 0. dan saldo saya juga tidak kosong. waktu saya coba mengakses informasi mutasi rekening tidak dapat di akses dengan tulisa “TRANSAKSI TIDAK DAPAT DIPROSES. Silahkan mencoba beberapa saat lagi” itu kenapa ya?

  • Maaf sebelumnya, apakah ada yang bisa memberikan solusi , sudah berkali kali mencoba Login / Connect namun kenapa VPN Client BCA tidak bisa Connect/ Login,? saya menggunakan Laptop dan OS win7,dan menggunakan Modem Smartfrens
    mohon pencerahannya

    salam
    Wah

  • No rek A/N Novianti melakukan pungutan liar..Dia minta saya bayar pungli setiap bulan, dengan ancaman id bank saya akan di blok apabila menolak memberikan pungli..
    apakah hal ini wajar? atau ada kerja sama Orang dalam BCA dengan Novianti?

  • malam.. saya mau nanya.. waktu itu teman saya trf uang 500 rb kesaya dan saya pun kena potongan administrasi bulanan 13rb , lalu tmn saya transfer lagi 200rb pada jam yg sama yaitu jam 1malam, keesok paginya saya mau ambil tunai, kok 500 rb nya ngilang dan saya liat dimutasi rekening hanya tulisan crop debet bca tanpa ada kejelasan apa2, saya pun ga pernah ikut asuransi dll.. di mutasi pun cuma tulisa seperti itu tanpa ada kejelasan apa2, dan saya coba tlp halo bca, mereka cuma jawab mungkin ibu ikut potongan2 perbulan, pdhl saya sudah tegaskan saya tdk pernah ikut2an seperti itu, dan akhirnya mrka jawab lagi silahkan ibu datang ke cabang bca pas ibu buka rekening dulu, saya buka rekening disunter, dan saya skrg tinggal di bogor.. haduh… apesss

  • gini pak m-bca saya lewat ponsel teblokir tp saya tidak tau sebab akibat knapa teblokir .. tolong gimna cara menggatasin nya pak

  • saya juga punya kejadian yang Sama yaitu key bca diblok, Karena salah memasukan code keybca dan kebetulan saya sedang berada diluar negeri. Saya lapor Halo BCA dan semua persyaratan Sudah saya Kirim mulai Dari KTP, paspor( photo page, last page beserta stamp Dari immigration terakhir kita meninggalkan Indonesia), Surat permohonan untuk mengatifkan online internet banking, buku tabungan BCA yang Ada Tanda tangan. Setelah documents tsbt dikirim TIDAK Ada jawaban Dari Halo BCA kalau mereka telah terima data datanya atau sedikit tidaknya auto reply. Hampir tiap hari selama 5 hari berturut turut saya telphon dan jawaban mereka Sama ‘apakah ibu Sudah mengirim data data yang diminta’ yang mana pada Saat saya menelphone pertama saya Sudah bilang bahwa saya telah mengirimkan data yang diminta dan CSO bilang bahwa mereka Lagi process, akhirnya telphone yang ke lima kalinya CSOnya bilang mereka belum terima email saya. Saya upset banget bahwa bank sekelas BCA yg terkenal di indonesia rumitnya minta ampun hanya utk membuka blokiran, dan waktunya itu katanya 10 hari. Pada Saat pelaporan pertama CSO Sudah menayakan identitas lengkap, nomer telphone di luar negeri, email ID, 2 nomer telephone yang bisa dihub di Indonesia, Seharusnya bank sekelas BCA kalau mau exceeding customer expectations mereka pun bisa follow up berdasarkan pembicaraan pertama kali.

  • pernah ganti kartu gsm utk hp yg ada m-bca nya gak Gan? di bca sepertinya ada single account utk tiap nasabah, di dalemnya ada klik-bca, m-bca, multiple bank account, dsb.. dsb. ketika satu di reset, maka akan mengguncang sistem yg lain. sepertinya ini kelemahan bca. sy ngalamin hal yg sama setelah kartu gsm saya diganti dari yg chip lawas ke mikro. klik-bca sy jd amburadul. besok sy mau main ke bca utk ngomongin soal ini.. hadeeeehh memang. bikinan mana yak software nya bca? ckckckck

  • hallo kawan ikut nimbrung

    ane kedua rekening tidak bisa ibank kasus nih knp bisa begini ya
    ??>…………….

  • duh..saya baca di atas MASALAH YG SAMA SUDAH SEJAK TAHUN 2012 dan hari ini tahun 2015 saya juga mengalami hal yang sama… saya sudah 18 tahun menjadi praktisi IT, pemrograman dan sejenisnya, dan hari ini saya dapat masalah internet banking dan mendapatkan jawaban dari cs dengan kata-kata virus…virus…virus…security pc tanpa ada penjelasan teknis yang mengandung logika. sy mengerti betul bagaimana virus, malware, trojan dan sejenisnya bekerja, bikin virus juga gampang banget kalau mau….. kalau nggak ngerti mendingan nggak usah ngomong idealnya kan seperti itu. ini udah salah-kaprah tapi ngeyel. coba model layanan cs macam apa seperti itu….apa bca nggak mampu bayar cs yang punya pengetahuan IT yang baik? atau memang sudah budayanya di dalam permanajemenan bca bahwa layanan pelanggan itu asal-asalan aja, asal dijawab dan masa bodo mau pelanggan puas atau tidak, mau pelanggan dapat solusi atau tidak…kapok, saya langsung pindah bank lain sehari beres, dari pada seperti orang bego nelpon layanan pelanggan berhari-hari….

  • hallo, saya mengalami masalah seperti anda2 sekarang, yg sudah 3 tahun yg lalu terjadi dan sampai sekarang “juli2015” masih terjadi pada saya dengan masalah yang sama..
    saya tidak bisa mendaftar no rekening, dan tlf CSO dgn jawaban pc saya terkena virus, awal tlf bisa mereka bantu dan bisa mendaftar cuma 1 nmr rekening
    setelah beberapa menit terulang lagi masalah yg sama..

    MAAF, DAFTAR REKENING TUJUAN TRANSFER TIDAK DAPAT DILAKUKAN.
    MOHON HUBUNGI HALO BCA DI 1500888

    setelah itu saya coba hub CSO, tapi solusinya tetap seperti itu2 saja..
    kalau benar pc saya terkena virus..
    kenapa saya coba 2 rekening teman saya yang berbeda dan sama2 pakai BCA saya coba daftar rekening BISA!!
    gak masuk akal juga kalau alasan PC terkena virus lah apalah..
    sampai heran di suruh pake IE juga sama aja bermasalah..
    terus saya hanya di kasih saran sebaiknya bertransaksi lewat hp, trs fungsi keyBCA buat apa klo tidak bisa bertransaksi/mendaftar no rekening..
    capek juga datang ke BCA dan tlp mahal2 cuma dg 1 masalah yg sama dan solusi yg kurang memuaskan!

  • Tanggal 23 Januari 2016, saya jg mengalami masalah yg sama dengan para nasabah diatas. m-BCA saya tidak bisa di akses karena saya coba masuk dari 2 HP. Semua hanya karena ingin menambahkan nasabah. Heran, kenapa mau tambahin nasabah aja harus lewat SMS, kenapa tidak memberikan pilihan untuk sinkronisasi dengan keyBCA atau SMS seperti yang DBS lakukan.

    Selain itu, klikBCA saya jg sempat terblokir karena PIN/username salah. Padahal selama 2 tahun, saya tidak pernah ganti2 PIN klikBCA saya, yang pernah diganti hanya PIN ATM, dan itu pun sudah saya ganti balik ke PIN semula. Saya sudah melalui sistem BCA yang amat sangat rumit hanya untuk pembukaan blokir internet banking, namun mereka hanya bisa membukakan akses kembali, dan kita DIPAKSA untuk ingat PIN klikBCA kita. Namun kalau tidak pernah ganti PIN-nya, harusnya tetap sama, bukan? Parahnya, saya sedang berada di luar negeri, jadi tidak bisa pergi ke ATM dan reset PIN klikBCA saya,

    Kelemahan BCA adalah tidak adanya pertimbangan untuk nasabah yang sedang di luar negeri dan tidak bisa pulang pergi semudah itu. BCA harus menyadari bahwa nasabah BCA tidak hanya domestik saja, tapi di luar negeri juga ada. Mungkin bukan masalah training CSnya saja, tapi cara BCA mengatasi kendala akses untuk klikBCA/ATM/m-BCA juga harus dilihat ulang. Jika sudah ada solusi untuk ini, baru bisa training CSnya. CS hanya akan mengikuti perintah atasan, atasan hanya akan mengikuti perintah atasannya lg dsb.

  • Sama nihh.. 3x ogut barusan akses jangankan masuk pakai login aja mantul2 jaringan H+ tidak ada masalah dengan jaringan

  • Mengapa tidak bisa transfer melalui klikbca (membuka via Android) pada 1 nomor rekening e commerce (pt.vip plaza). Setiap apply no 1 (tahap terakhir) selalu transaksi gagal tidak dapat di proses, padahal saya mencoba mentransfer ke nomor rekening pribadi suami saya bisa, tidak ada masalah. Kira2 kenapa ya ini ? Padahal sebelum2nya tidak masalah. Trims.

  • Hal serupa terjadi berulang” pada akun klik bca saya. Sistem keamanan yg diterapkan bca saat ini sangat menyulitkan ketimbang mengamankan pengguna ibanking.
    Saya memiliki antivirus original ygbselalu update dan scan berkala.

    Saya tidak pernah akses lewat jaringan ataupun PC umum.
    Hal ini merepotkan pengguna ibanking yg harus berulang-ulang meminta akunnya diaktifkan kembali.

    Saran saya untuk BCA, jika memang di PC saya oleh BCA dianggap ada virus yg mengancam keamanan akun BCA saya. Tolong buktikan dan kirimkan laporan berupa email berisikan virus apa yg terdeteksi oleh BCA dan filepath virus tersebut ditemukan.

    BCA tidak bisa seenaknya saja non aktifkan fitur ibanking saya tanpa positif 100% di PC saya ada virus yg mengancam keamanan akun ibanking saya.

    Karena tidak semua virus/malware berfungsi meretas akun secara online. Ada pula 3rd party program yg bs terdeteksi virus padahal bukan.

    Tolong sistem keamanannya jangan merepotkan nasabah dan harus lebih pintar. Bukan malah malas dan menggunakan sistem yg sangat mendasar mengeneralisasi.

  • Tlng hub sya knapa mbca sya gk bisa cek saldo dll. Ket. Nya hub haloo bca. Tlng bantuanya segera ni no hp sya yg bisa d hub 081350035783 tlng bantu segera urgen nieeeee!!!