Pengalaman Proses Pemasangan Akses Internet IndiHome Fiber Telkom Indonesia

Sudah satu minggu ini akhirnya tempat tinggal saya — saya kebetulan menempati tempat baru — tersambung dengan koneksi IndiHome Fiber milik Telkom Indonesia. Dan, sampai dengan saat ini, layanan dapat saya nikmati dengan baik. Saya sendiri menggunakan layanan IndiHome Triple Play (Internet 10 Mbps, UseeTV, dan telepon rumah).

Proses Aplikasi Berlangganan Kali Pertama: Gagal

Tempat tinggal saya di Jogjakarta memang berada dalam lokasi (yang menurut saya cukup ramai) dan berada di tengah kota. Sekitar bulan Oktober 2015, saya pernah mengunjungi Plaza Telkom Kotabaru, Jogjakarta untuk menanyakan apakah area saya dapat dilakukan pemasangan layanan internet IndiHome. Ternyata saaat itu saya kurang beruntung.

Terlepas dari beberapa kondisi bahwa layanan IndiHome kadang mengalami gangguan, namun secara umum kesan yang saya dapatkan dari menggunakan layanan ini di tempat kerja, atau dari reken kerja yang lain cukup baik.

Informasi di bulan Oktober 2015 tersebut menyampaikan bahwa area saya belum ada jaringannya, dan untuk pemasangan memang untuk pemasangan baru harus menggunakan IndiHome, tidak bisa dengan Telkom Speedy — di tempat tinggal saya yang lain, saya masih menggunakan layanan Telkom Speedy. Jadilah saya masuk dalam daftar antrian.

Indihome Fiber Map

Kalau dilihat dari fitur Fiber Map di fibermap.indihome.co.id ada titik sambungan yang cukup jauh. Namun, mungkin data yang ada dalam situs tersebut belum diperbarui. Saya tidak tahu pasti seberapa sering data ini akan diperbarui. Namun, saya sering lihat dalam waktu tersebut cukup banyak saya melihat teknisi Telkom yang melakukan pemasangan jaringan di beberapa area di Jogjakarta.

Karena tidak ada kabar, awal November 2015 saya mencoba untuk melakukan proses registrasi kembali secara online melalui situs IndiHome di indihome.co.id. Dari situs, saya mencoba melihat ketersediaan jaringan. Dan, saya melihat informasi bahwa ada jaringan Fiber To The Home (FTTH) di area saya.

Screenshot 2016-01-21 17.09.23

Akhirnya saya coba peruntungan saya untuk melakukan registrasi pada minggu pertama bulan November 2015 (malam hari). Keesokan harinya, saya mendapatkan konfirmasi melalui telepon dari Telkom. Intinya memberitahukan bahwa jaringan tersedia, dan nanti akan dilakukan pengecekan oleh teknisi. Bahkan, saat itu saya sudah mendapatkan surel konfirmasi berlangganan, termasuk biaya yang akan dibebankan. Akhirnya saya tunggu.

Cukup lama menunggu, saya tidak mendapatkan informasi lanjutan. Karena ada beberapa kesibukan, saya hampir lupa tentang pengajuan berlangganan ini. Awal Desember, saya coba mencari informasi lanjutan dengan menelpon ke Call Center Telkom di 147. Saat itu, saya diberikan ticket follow-up untuk dibantu menyelesaikan permohonan berlangganan.

Selang beberapa hari kemudian, saya mendapatkan telepon dari Telkom Jogjakarta kalau sepertinya area saya belum memiliki jaringan. Jadilah, keinginan saya untuk berlangganan tidak berhasil.

Proses Aplikasi Berlangganan Kali Kedua: Berhasil

Di awal Januari 2016, saya mencoba kembali untuk melakukan permohonan pemasangan baru. Dengan cara yang sama melalui situs Registrasi IndiHome di reg.indihome.co.id. Sebenarnya, ini lebih mencoba peruntungan saja, karena saya dengar dari beberapa rekan kalau permohonan lama tidak diproses, mendingan daftar baru saja.

Screenshot 2016-01-21 18.52.06

Saya melanjutkan proses registrasi seperti pada proses sebelumnya. Keesokan harinya, saya mendapatkan telepon dari Telkom yang mengkonfirmasi apakah benar saya melakukan permohonan pasang baru. Petugas Call Center menanyakan informasi dimana lokasi pemasangan dengan lebih detil, bahkan ditanyakan dari titik-titik tertentu apakah jarak masih jauh atau dekat. Saya jawab dengan sedetil mungkin. Setelah itu, saya diinformasikan untuk menunggu kontak dari petugas di lapangan.

photo_2016-01-21_19-04-05

Di keesokan hari, saya mendapatkan kontak dari petugas lapangan yang akan melakukan pemasangan yang akan melakukan kunjungan lokasi. Ada dua orang petugas yang datang pagi itu. Mereka langsung mengkonfirmasi apakah benar saya sendiri yang melakukan permohonan pemasangan. Kemudian, petugas minta ijin untuk melakukan pemasangan.

Proses pemasangan sendiri secara total berlangsung beberapa jam. Ternyata ini karena kondisi bahwa perlu adanya penarikan kabel yang cukup panjang. Saya tidak tahu persis saat itu berapa panjang kabel yang terpasang.

Ketika jaringan kabel akan masuk rumah, mereka menanyakan dimana nantinya perangkat akan diletakkan. Kebetulan, saya sudah menyiapkan untuk lokasi yang tidak jauh dari televisi bahkan untuk kebutuhan colokan listrik juga sudah siap.

photo_2016-01-21_19-04-10

Setelah semua terpasang, petugas tersebut langsung melakukan konfigurasi perangkat. Proses konfigurasi juga berlangsung cukup cepat menurut saya.

Setelah memastikan bahwa koneksi internet dapat berjalan dengan baik, siaran televisi juga dapat muncul tanpa masalah, petugas tersebut memberikan surat berita acara pemasangan yang harus saya tanda tangani.

Sampai dengan saya tulis artikel ini, sudah sekitar satu minggu saya menikmati layanan Telkom IndiHome dan layanan dapat saya nikmati dengan baik. Semoga tetap seperti ini kedepannya.

Terima kasih, Telkom Indonesia.