Pengalaman Mengganti Micro-SIM dan Nano-SIM XL Axiata

Kemarin (Sabtu, 5 Januari 2012), saya akhirnya datang lagi ke Graha XL di Jl. Mangkubumi, Jogjakarta. Kedatangan saya kali ini karena saya ingin mengubah kartu. Kartu utama saya yang terpasang di iPhone 4 — baca tulisan terkait: “Pengalaman Mengurus Micro SIM XL Axiata (di Jogjakarta)” — ingin saya pindahkan ke iPhone 5 yang mulai saya miliki bulan lalu, dan sebaliknya.

Masalahnya adalah bahwa ukuran dari kartu tersebut berbeda. Memang penggantian kartu fisik bisa dilakukan sendiri dari micro-SIM ke nano-SIM. Masalahnya adalah bagaimana dengan dari nano-SIM ke micro-SIM. Ditambah lagi saya malah takut salah potong yang mengakibatkan kartu tidak dapat digunakan.

XL

Sebenarnya, rencana saya untuk mengurus penggantian kartu ini sudah minggu lalu. Tapi, karena akhir tahun dan lalu lintas di Jogja sangat padat, saya tunda terlebih dahulu.

Sabtu sore sekitar pukul 14:30 saya datang ke Graha XL. Tidak banyak antrian sore itu. Ketika saya datang, saya mendapat nomor antrian 471. Baru saja saya duduk, saya dipanggil ke meja Customer Service, dan saya dilayani oleh CSO yang bernama Ratih — menurut identitas di meja nomor 2.

Graha XL - Ratih

Setelah saya sampaikan maksud kedatangan saya, ternyata stok untuk nano-SIM tidak ada. Tapi kalau micro-SIM ada. Karena pada prinsipnya nomor saya yang micro itu tinggal dipotong (walaupun dari sisi tebal memang sedikit berbeda), CSO tersebut menawarkan untuk memotongnya. Saya menyetujuinya. Ternyata berhasil tanpa masalah. Langsung saya pindahkan ke iPhone 5 milik saya, dan semua berfungsi dengan baik.

Nano-SIM yang sudah ada akhirnya diganti dengan kartu lain (micro-SIM) yang baru. Semua proses berjalan dengan cepat, tanpa ada masalah. Saya pasang kartu baru tersebut, dan semuanya berfungsi dengan baik.

Setelah semuanya selesai — saya lupa tepatnya berapa menit, saya sempatkan tanya juga beberapa hal tentang layanan internet di luar negeri, karena kebetulan saya ada rencana perjalanan ke Kuala Lumpur. Informasi yang saya dapatkan cukup lengkap — yang walaupun pada akhirnya saya coba baca lagi di situs XL. Tentang bagaimana nanti pengalaman menggunakannya di luar negeri, saya akan coba ulas.

Oh ya, untuk penggantian kartu — dan modifikasi kartu — tidak dikenakan biaya alias gratis. Lha terus kok pakai 2 buah iPhone? Justru penggantian kartu ini karena iPhone 4 memang mau dibuat untuk keperluan bersama dengan rekan-rekan kerja di kantor :)

2 Comments