Pengalaman Membuka dan Menutup Deposito Online BNI

Saya lupa kapan kali pertama saya membuka rekening deposito di BNI, mungkin sekitar dua tahun lalu, atau lebih. Cuma satu hal yang saya ingat adalah bahwa saya melakukannya secara daring (online). Dan, prosesnya sangat sederhana.

Membuka Rekening Deposito BNI

Seluruh proses saya lakukan melalui halaman internet banking BNI dan tidak terlalu bertele-tele. Sebelum membuka rekening deposito, berikut beberapa catatan (sumber):

  • BNI mensyaratkan untuk pembukaan rekening deposito, kita harus memiliki dana untuk setoran awal deposito sebesar minimal 10 juta.
  • Untuk jangka waktu, bisa dipilih sesuai kebutuhan. Saat itu, saya memilih jangka waktu 3 (tiga) bulan, karena deposito saya gunakan sebagai cadangan dana yang sewaktu-waktu saya bisa ambil juga.
  • Karena dilakukan secara daring, maka saya juga tidak mendapatkan bilyet sebagai bukti fisik kepemilikan deposito.

Proses pembukaan rekening dapat diakses melalui menu Layanan Lainnya, kemudian pilih Permohonan Layanan lalu Rekening Deposito — Buka Rekening Deposito. Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi formulir yang tersedia. Setelah selesai semua, maka rekening deposito Anda akan siap secara instan.

Mengenai bunga deposito, banyak pilihan bergantung dimana Anda ingin membuka deposito Anda seberapa besar keuntungan yang ingin didapatkan. Saya sendiri memilih untuk di BNI karena kebetulan memiliki rekening di sana, dan dapat dibuka/ditutup secara daring menjadi salah satu faktor penting untuk saya.

Menutup Rekening Deposito BNI

Mudah dibuka, semoga mudah pula ditutup. Beberapa kali saya melewatkan tanggal pencairan dana deposito saya karena lupa. Tentu saja, saya ingin melakukan pencairan dana/penutupan rekening pada saat jatuh tempo. Karena kalau tidak, saya bisa terkena penalti kalau tidak salah sebesar 0,5%.

Jadi, dipastikan saja bahwa pencairan dilakukan di hari jatuh tempo. Prosesnya juga mudah tinggal masuk ke halaman Rekening Deposito — Pencairan Deposito dari menu Layanan Lainnya.

Dana hasil pencairan deposito akan masuk secara instan ke rekening kita saat itu juga. Jadi, terkait dengan pencairan dana, dari pengalaman saya seluruh prosesnya sangat sederhana. Tinggal memastikan beberapa utama: pastikan pencairan pada tanggal jatuh tempo, dan ada akses ke internet banking dengan membawa security token BNI.