Pengalaman Membeli Buku Secara Online di Amazon

Sebenarnya bukan kali pertama saya membeli barang/layanan dari luar negeri. Hanya saja, kebanyakan berupa barang digital, misalnya buku elektronik, atau piranti lunak. Dari semua transaksi, bisa dikatakan tidak ada yang mengalami masalah. Semuanya berjalan dengan lancar.

Tanggal 13 November 2011 yang lalu, saya memutuskan untuk membeli sebuah buku biografi Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson. Memang sih, sudah tersedia dalam bahasa Indonesia juga, namun dari beberapa ulasan dan tanggapan yang saya dengar dan baca, cukup banyak yang merasa kurang puas terhadap hasil terjemahannya. Saya coba lihat di Gramedia Malioboro, saat itu kalau tidak salah harganya Rp 110.000,00.

Di Periplus (masih di Malioboro juga) sebenarnya ada saya lihat buku ini dalam bahasa Inggris. Agak lupa tepatnya berapa harganya dalam rupiah, tapi tertulis di bagian belakang seharga $35 dollar Amerika.

Saya coba periksa langsung ke situs Amazon melalui aplikasi dari ponsel saya, dan saat itu buku dijual dengan harga diskon $17.88. Penawaran yang menarik. Saya coba melakukan pemesanan untuk melihat total biaya yang harus saya bayarkan (termasuk pengiriman). Ternyata total yang harus saya bayarkan adalah $27.86, dengan informasi perkiraan pengiriman selama 3 (tiga) minggu. Untuk metode pengirimannya, saya memilih “Standard International Shipping”.

Detil semua biaya adalah sebagai berikut:

Item(s) Subtotal: $17.88
Shipping & Handling: $9.98
Total Before Tax: $27.86
Sales Tax: $0.00
Total for This Shipment: $27.86

Dari hasil pencarian informasi, terkait dengan hal-hal pembelian dan pengiriman ini ada beberapa informasi yang menurut saya penting untuk menjadi catatan:

  • Waktu pengiriman tiga minggu adalah perkiraan, biasanya malah bisa lebih cepat. Kira-kira bisa dalam waktu 2 (dua) minggu.
  • Tentang bea masuk, tidak akan dikenakan biaya masuk jika total pemesanan dibawah $50. Lupa tepatnya berapa. Dan, biaya yang harus dibayarkan nantinya hanyalah biaya bungkus dan pengiriman oleh kantor pos.
  • Banyak informasi yang mengatakan kalau rata-rata semua proses berjalan dengan lancar (apalagi untuk produk buku).
  • Beberapa keluhan atau pertimbangan lain adalah tentang besarnya biaya pengiriman dan bea masuk.

Sebenarnya memang lebih mudah dan cepat jika saya langsung beli di toko buku Periplus. Tapi, saya juga ingin ‘membeli’ pengalaman dengan melakukan pemesanan langsung ke Amazon. Akhirnya, saya lakukan pemesanan pada tanggal 13 November 2011, dengan alamat tujuan pengiriman ke Jogjakarta.

Menurut catatan pengiriman dari Amazon, buku saya diperkirakan akan sampai tanggal 7 Desember 2011. Dan, saya mencoba memanfaatkan fitur pelacakan kiriman yang ada. Agak ragu juga karena menurut fitur pelacakan setelah sekitar dua minggu, paket buku saya masih berada di Amerika Serikat.

6525973549_9ae3862fed_b

Akhirnya, pada tanggal 3 Desember 2011 buku saya sampai ke alamat tujuan dengan dikenakan biaya dari kantor pos sebesar Rp 3.000,00. Oh ya, bukunya sendiri diantar langsung. Beberapa rekan berbagi informasi juga kalau lebih sering diminta sendiri untuk mengambil ke kantor pos. Ketika saya periksa status pengiriman di Amazon, ternyata masih di Amerika Serikat, padahal buku sudah saya terima.

6525986781_153af76859_b

Buku sendiri dikemas dengan rapi dan masih utuh tanpa ada tanda-tanda dibuka.

Dengan semua proses yang berjalan dengan lancar ini, saya rasa saya akan membeli buku yang lainnya. Tentu saja setelah membandingkan apakah memang lebih murah jika beli langsung di Amazon, atau di toko buku. :)

15 Comments

  • Saya juga sering beli ke amazaon.
    Jangan pernah memilih expedited shipping, karena kalau via dhl/fedex, jika bea cuka i mengenakan pajak, mereka  akan menambahkan biaya handling fee, bank cost  dll sampai sekitar 300 ribu (fixed cost). padahal harga barang mungkin gak lebih dari 1 juta

  • wah sy lg gak beruntung nih, brg sy , kitchen appliances order May 10, estimated arrival May 24..

    May 18 uda sampe Ind, tp sampe skrg blm sampe ke tangan sy.. Email dr amazon, ada custom clearance delay… gak ngerti ada dimana tuh brg.. AMZ sih kasi kompensasi mau refund shipping fee nya.. Nah kalo smpe May 30 blm sampe juga sy boleh pilih replacement atau refund..

    Huhu, pdhal uda nunggu2 bgt brgnya dan hrgnya mmg lbh murah dr disini, belum rejeki rupanya.. oiya carriernya iParcel.. dan gak ada di ind kek nya, jadi sampe Ind di forward kantor pos, klo lewat UPS keknya bisa langsung..

  • Mantap gan, ane jg pernah beli buku dari amazon.
    Seneng banget dikirim langsung dari USA.
    Kali ini saya juga beli laptop Dell di amazon gan.

  • ebook untuk kindle bisa beli di amz juga gak mas gan?
    tempo hari aye ke harco mau beli kindle dibilangin engkohnya masih gak bisa beli ebook-nya dari jakarta, bener gak si? soalnya beli buku (fisik) muahall, maunya ngirit pake kindle aja.

    Pls advise anyone yg punya pengalaman.

    dan oiya, agan-2 pake kartu kredit apa, keluaran mana ya? apakah ada preferensi tertentu dari amazon untuk kartu kreditnya? Maap ni kl pertanyaannya katro :-)

  • Pernah ada pengalaman apply rewards visa card nya Amazon? Mohon info karen a kalau punya credit card ini disk on bukunya lumayan. Terimakasih

    • Sebenarnya ada, tapi dulu memang tracking tidak begitu realtime. Tapi setiap pemesanan (paling tidak pada pesanan saya), pasti ada nomor tracking-nya.

  • thank you! saya pengen beli buku dr amazon tapi ragu karena ngeri dengan taxnya. baca post ini jadi kepengen dan ga ngeri lg. ^_^

  • Boleh share bagaimana cara penulisan alamat yang benar untuk pembelian di Amazon, soalnya sudah beberapa kali gagal. terima kasih.

  • Selamat sore. Saya ingin bertanya beberapa hal. Saya mencoba memesan lewat situs amazon, tetapi selalu gagal karena alamat tidak memungkinkan. Bagaimana caranya? Kemudian bagaimana pembayarannya? Apakah bisa melalui atm biasa? Terima kasih. Saya tunggu balasannya

    • Selama ini, pemesanan melalui Amazon saya lakukan tanpa masalah. Dan, alamat pengiriman juga sama yang saya gunakan ketika saya melakukan pemesanan barang/belanja online. Untuk pembayaran saya menggunakan kartu kredit, tidak bisa menggunakan ATM/Debit Card.

  • Terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Mau tanya kalau beri barang ada tulisannya “free shipping” untuk pengiriman international, domestic, & return policy itu gimana yaa? Benar2 free sampai ke Indonesia atau akan dikenakan biaya tambahan lagi? Terima kasih.