Pemeriksaan Mata di Klinik Mata Sehati Jogjakarta

Sekitar awal tahun ini, ketika mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan saya sekalian melakukan pemeriksaan mata di salah satu toko optik. Hasilnya saat itu ada minus di mata kanan, dan silinder di mata kiri.

Dengan pekerjaan saya yang mengharuskan cukup sering berada di depan komputer, tentu saja mata menjadi bagian yang penting. Sampai dengan saat ini, saya memang belum pernah memakai kaca mata. Apalagi, jika dalam kondisi yang biasa, kemampuan penglihatan juga cukup baik.

Namun memang, untuk yang sebelumnya bisa saya lihat dengan baik, menjadi sedikit berkurang. Tidak terasa sekali, tapi tetap saya bisa merasakan perbedaannya.

Setelah bertanya ke beberapa rekan, saya disarankan untuk melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Mata dr. YAP atau di Klinik Mata Sehati. Lokasi keduanya juga tidak jauh. Akhirnya saya memutuskan untuk ke Klinik Mata Sehati yang berada di Jl. Yos Sudarso, sisi selatan dari Stadion Kridosono.

Informasi Awal

Saya tidak banyak menemukan informasi yang cukup tentang Klinik Mata Sehati ini dari sisi ulasan yang pernah periksa. Pencarian di internet juga tidak terlalu membantu. Setiap kali melewati, sepertinya juga cukup sepi.

Namun, karena tidak terlalu ramai, artinya berarti mungkin tidak perlu menunggu lama dalam antrian.

Saya akhirnya datang pada hari Rabu di bulan Februari ini. Ketika saya datang sekitar pukul 09:20 WIB, petugas yang menerima saya menyambut dengan ramah dan menanyakan keperluan saya. Saya akhirnya jelaskan.

Namun sayangnya, saat itu saya masih diminta menunggu, karena dokter belum ada. Pernah dengar dari salah satu teman, katanya sebaiknya telpon saja dulu jika tidak ingin menunggu apakah dokter ada atau tidak.

Karena saya memang baru pertama kali periksa, pertama dilakukan pendataan umum saja, seperti pencatatan identitas. Ketika saya tanyakan perkiraan waktu kedatangan dokter, saya diberitahu mungkin sekitar 30-45 menit.

Sebenarnya ada jadwal dokter jaga setiap hari, namun karena dokter yang ada disini juga dokter-dokter yang sepertinya berpraktik di rumah sakit lain juga, jadi mungkin jadwal harus menyesuaikan. Karena tidak ada keperluan yang mendesak, saya memutuskan untuk menunggu saja.

Pemeriksaan

Sambil menunggu dokter, saya diperiksa dulu oleh asisten yang ada di sana. Ketika masuk ruangan, ada beberapa meja dengan beberapa alat pemeriksaan. Saya kira cuma satu saja, tapi kalau tidak salah saya diperiksa dengan tiga alat berbeda.

Hasilnya tidak jauh berbeda, memang mata kiri saja sedikit silinder. Setelah itu, saya diminta menunggu oleh perawat untuk nanti konsultasi langsung dengan dokter.

Tak lama kemudian, saya diberitahu kalau dokter sudah hadir. Pagi itu, dokter yang memeriksa saya adalah dr. Marlyna Afifudin, Sp.M. Beliau akhirnya memeriksa saya kembali di ruang periksa beliau, dengan alat yang beda lagi. Saya sampai diperiksa sekitar tiga kali.

Hasilnya, secara umum mata dalam kondisi baik. Retina mata dalam kondisi baik, tapi memang bahwa untuk mata kiri saya hasilnya ada silinder -0.25. Mata kanan malah normal semua. Dan, mungkin nanti jika tiba waktunya memang perlu kaca mata baca.

Bagi saya sendiri, kondisi ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Tidak ada keluhan juga seperti pusing jika berada di depan komputer dan lain sebagainya. Jadi, memakai kacamata sebenarnya tidak harus, namun jika memang lebih nyaman juga, saya bisa mengenakannya.

Dari hasil pemeriksaan, saya dibuatkan resep untuk pembuatan kaca mata — jika saya memutuskan untuk membuatnya. Saya juga diberi obat tetes mata yang dapat saya gunakan apabila mata terasa tidak nyaman saja.

Biaya

Untuk biaya, saya lupa rinciannya, tapi total biaya yang saya keluarkan adalah Rp203.700 untuk pemeriksaan, konsultasi, dan obat tetes mata. Tentang murah atau mahal, saya rasa ini relatif. Bagi saya pribadi, dengan layanan pemeriksaan yang diberikan, harga masih wajar.

Kalau tentang periksa, sebenarnya ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan mata secara berkala paling tidak sekali dalam satu tahun.

Lain-lain

Menurut saya, Klinik Mata Sehati ini menjadi salah satu pilihan yang baik untuk pemeriksaan mata. Mungkin, jika akan kesana ada baiknya untuk menelpon terlebih dahulu menanyakan mengenai apakah dokter sudah ada atau belum jika tidak ingin menunggu. Saya tidak tahu di hari lainnya seperti apa. Tapi, lain kali mungkin saya akan menelpon terlebih dahulu.

Info lokasi:
Klinik Mata Sehati Yogyakarta
Jl. Yos Sudarso No.27, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224 (Lokasi peta)
Telpon: (0274) 554666