Mengurus Perubahan Jadwal Keberangkatan Kereta Api

Karena adanya perubahan agenda kegiatan di Jakarta, maka saya perlu untuk melakukan perubahan jadwal keberangkatan saya. Kebetulan, untuk perjalanan, saya sudah melakukan pemesanan tiket kereta api. Proses mengurus perubahan jadwal juga tidak terlalu sulit. Informasi ini berdasarkan pengalaman saya di bulan Desember 2017, untuk keberangkatan dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Jakarta, dengan kereta api eksekutif Argo Dwipangga.

Informasi terbaru tentang perubahan jadwal dapat dilihat di situs KAI. Beberapa hal penting diantaranya:

  • Perubahan jadwal dapat dilakukan pada Kereta Api dengan kondisi sbb:
    • Kereta Api yang sama pada hari keberangkatan yang berbeda.
    • Kereta Api yang berbeda dengan hari keberangkatan yang sama.
    • Kereta Api yang berbeda pada hari keberangkatan yang berbeda.
  • Dilakukan selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada Boarding Pass penumpang.
  • Dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar biaya pemesanan.
  • Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi, maka penumpang membayar selisih tarif.
  • Jika Kereta Api jadwal baru tarifnya lebih rendah, maka tidak ada pengembalian bea atas selisih tarif.

Saya membeli tiket secara daring melalui salah satu situs pemesanan tiket. Dan, dimanapun membelinya, proses pengubahan jadwal (termasuk pembatalan) hanya dapat dilakukan di loket stasiun.

Saya mendatangi loket stasiun Tugu Yogyakarta yang berada di sisi selatan stasiun. Siang itu, suasana cukup ramai, walaupun tidak sampai berdesakan. Saya sudah membayangkan akan mendapati antrian yang cukup panjang. Ternyata tidak. Saya mengambil nomor antrian dan memilih antrian di Customer Service.

Tidak ada lima menit, nomor antrian saya dipanggil. Saya langsung sampaikan tentang rencana saya mengubah jadwal keberangkatan, dengan menggunakan kereta yang sama.

Petugas layanan pelanggan segera melakukan pengecekan berdasarkan kode pemesanan yang telah saya miliki. Setelah diperiksa, jadwal keberangkatan baru yang saya inginkan tersedia. Kemudian petugas membantu saya mengisikan data dalam lembar pemesanan tiket. Setelah mengkonfirmasi mengenai jadwal baru, saya diarahkan ke loket 5 di area ruangan samping loket layanan pelanggan.

Loket 5 yang saya tuju ternyata sepi. Ternyata loket ini menjadi satu dengan loket lain yang melayani pembelian tiket langsung untuk kereta jarak pendek.

Setelah menunggu antrian (kebetulan saat itu hanya ada satu yang antri), akhirnya tiba giliran saya. Berbekal lembar pemesanan tiket, akhirnya perubahan jadwal saya diproses. Harga yang saya bayarkan saat itu adalah Rp102.000,-

Setelah melakukan pembayaran, saya mendapatkan tiket baru. Apabila menginginkan untuk memilih tempat duduk, bisa juga disampaikan sebelum tiket dicetak. Tidak ada perbedaan kode pemesanan setelah perubahan ini.