Menentukan Pilihan Cat Interior dan Eksterior

Di awal Januari 2018 lalu, saya menuliskan sedikit tentang pengalaman mencari hunian di Jogjakarta. Puji Tuhan, kami diberikan kepercayaan untuk mengelola berkat berupa hunian yang masuk dalam kriteria dan harapan kami.

Sebelum akhirnya mulai menempati rumah — saat saya tulis cerita ini kami juga belum pindahan — salah satu agenda yang menurut kami perlu dilakukan adalah melakuan pengecatan ulang untuk bagian dalam dan luar rumah.

Memilih warna bukan hal yang cukup mudah, walaupun sudah ada beberapa alternatif. Namun, memilih jenis cat yang digunakan juga tak kalah sulit. Ada beberapa pertimbangan dalam kondisi kami:

  1. Area yang cukup luas. Jadi area yang perlu dicat meliputi area interior  semua dinding termasuk kamar dan juga langit-langit, dan juga eksterior.
  2. Secara umum, tembok yang ada saat ini dalam kondisi cat yang masih cukup baik. Ada beberapa kerusakan kecil, tidak terlalu signifikan. Namun, mengecat hanya sebagian juga bukan pilihan.
  3. Dana. Dari faktor diatas, selain biaya pembelian cat kami juga harus memperhitungkan biaya jasa pengecatan, termasuk beberapa renovasi kecil.

Memilih Merek Cat Pilihan

Ada cukup banyak pilihan merek cat yang terlintas di kepala termasuk beberapa rekomendasi seperti Dulux, Jotun, Danapaint dan beberapa merek lain. Akhirnya, saya coba bertanya melalui sebuah posting di Instagram.

Hasilnya cukup menarik. Beberapa rekan menceritakan pengalamannya menggunakan cat pilihan mereka. Ada yang sama dengan yang saya pikirkan, namun ada juga pilihan lain seperti cat yang ada di ACE Hardware. Saat itu, bahkan saya mencoba untuk tidak mengetahui secara detil harga dari masing-masing cat.

Baca juga:  JOTUN 1859 Identity dan 1876 Wild Earl

Dari beberapa komentar, saya menyempitkan menjadi tiga pilihan saja (urutan acak, tidak berdasarkan preferensi):

  • Jotun. Nama ini cukup akrab, karena beberapa tahun lalu bahkan saya pernah mengunjungi pabriknya di kawasan industri MM2100 di Cikarang.
  • Dulux. Ini juga cukup akrab, karena sering lihat iklannya.
  • Cat di ACE Hardware. Walaupun saya sering ke ACE Hardware tapi sepertinya bagian cat kurang menjadi perhatian saya.

Pilihan akhir? Belum tahu. Tapi, karena beberapa harus dikerjakan terlebih dahulu, untuk bagian langit-langit, pilihan jatuh ke Dulux Pentalite Ceiling. Untuk tembok dalam dan luar, belum menentukan pilihan.