Mekanisme Pre-paid Layanan Biznet Home Internet

Setelah beberapa waktu menggunakan layanan Biznet, bulan lalu kali pertama mengalami masalah koneksi karena keterlambatan pembayaran koneksi internet. Pembayaran dilakukan dengan cara pre-paid, jadi kalau lupa bayar — sebut saja deposit atau top-up — maka koneksi internet terputus. Sejujurnya, saya lebih suka dengan model ini daripada post-paid, bahkan misal dengan ditambah denda (jika ada).

Selama ini, proses pembayaran juga tidak begitu sulit. Tinggal melakukan transfer melalui beberapa pilihan metode pembayaran. Saya biasanya memilih menggunakan transfer ke Virtual Account BCA.

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran, saya putuskan untuk memanfaatkan fitur pembayaran di muka. Awalnya saya berpikir bahwa menu ini tersedi melalui panel konsumen. Ternyata tidak. Setelah menghubungi layanan pelanggan, saya dipandu untuk melakukan transfer secara manual (melalui transfer antar bank).

Selain memperkecil potensi telat bayar, pembayaran di muka ini juga lebih menguntungkan bagi saya, karena dengan membayar deposit untuk 5 (lima) bulan, saya mendapatkan tambahan 1 (satu) bulan gratis pembayaran.