Masih tentang Layanan Pro-XL yang Membingungkan

Setelah saya berhasil melakukan proses berhenti berlangganan RBT dari layanan XL kemarin — walaupun saya tidak merasa berlangganan — saya mengira bahwa kejadian berkurangnya pulsa XL saya sudah berhenti. Tetapi, kenyataannya tidak.

Saya jadi berpikir, keanehan ini di pihak mana, atau gara-gara apa? Apakah memang dari Pro XL, rekanan XL, masalah di handphone saya, atau karena pemakaian pulsa oleh saya sendiri? Memang saya kadang pakai layanan XL-GPRS, tapi hanya sesekali saja. Kalaupun agak lama, saya berlangganan yang paket internet, baik harian atau mingguan. Walaupun memang tidak sering.

Tadi malam (21 Januari), sekitar pukul 20.00 WIB saya beranikan diri untuk mengisi pulsa sebesar Rp. 10.000,– saja. Sekadar untuk mengetes apakah pembelian pulsa saya aman. Setelahnya, saya tidak menggunakan handphone saya sama sekali. Pulsa masuk, saya periksa saldo Rp. 10.xxx,–.

Keesokan harinya (22 Januari), saya cek lagi saldonya. Dan, dengan ajaibnya, pulsa tinggal Rp.2.xxx,–. Saya lupa tepatnya berapa. Dhuar! Berkurang lagi. OK, apakah karena RBT lagi? Saya coba melakukan panggilan ke nomor saya sendiri, ternyata tidak ada nada sambung pribadi yang terdengar dari handphone saya. Saya bingung dan kesal. Kenapa? Mungkin bisa jadi ini bukan karena XL sebagai operator, mungkin sebab lain. Tapi apa?

Sekitar pukul 14.00, saya menelpon ke Customer Service XL di nomor 817 (sesuai yang tertera di websitenya). Saya tahu kalau untuk melakukan panggilan ke Customer Service di nomor tersebut saya dikenakan biaya Rp. 350,–. Saya gunakan sisa pulsa tersebut untuk menelpon. Telepon saya dijawab oleh operator yang bertugas. Saya sampaikan kejadian dari sudut pandang dan pemahaman saya. Hasil pembicaraan saya dengan customer service tersebut — saya lupa namanya — adalah begini:

  • SMS yang saya terima dari layanan promo XL dan juga layanan iming-iming tentang menjadi jutawan dari nomor 12300 TIDAK mengurangi pulsa saya.
  • Saya tidak sempat mendapat penjelasan tentang kenapa saya bisa dianggap berlangganan RBT.
  • Catatan aktivitas penggunaan layanan dari nomor saya bisa dilihat, tapi pada saat saya menelpon data tersebut belum tersedia. Mungkin sekitar 2-3 jam kemudian bisa tersedia. OK, ini masih masuk akal, siapa tahu memang mereka meng-update log tersebut secara batch terjadwal. Oh ya, menurut customer service tersebut, data terakhir yang tercatat adalah tanggal 20 Januari 2010.
  • Saya diminta menghubungi kembali 2-3 jam kemudian. Saya simpulkan saja sekitar pukul 17.00.

Setelah saya menelpon, saya check kembali saldo pulsa saya. Dan memang benar berkurang sesuai kebijakan tarif, dan sisa saldo pulsa masih sekitar Rp. 1.6xx,–. Sengaja tidak saya isi dulu, karena masih belum jelas masalahnya.

Sekitar pukul 16.40 saya mencoba menelpon kembali customer service XL di nomor yang sama: 817. Asumsi saya, dengan pulsa masih Rp 1.6xx,– masih bisa melakukan panggilan. Ternyata tidak. Wah, pulsa tidak cukup ternyata. Karena penasaran, saya periksa saldo pulsa saya. Tinggal Rp. 151,–. Padahal jelas-jelas saya tidak melakukan aktivitas apapun. Menyebalkan!

Keinginan saya untuk mencari kejelasan tentang masalah ini memaksa saya untuk membeli pulsa kembali. Saya beli pulsa minimal saja di dekat rumah. Cukup isi Rp. 5.000,– saja. Pulsa masuk dan tanpa menunggu lagi — sebelum kepotong lagi dengan ajaib — saya langsung telpon 817. Dijawab oleh seseorang yang namanya juga saya tidak begitu jelas mendengar. Tapi dari suaranya, sepertinya orang yang berbeda dengan yang sebelumnya.

Saya jelaskan secara singkat dan kejadian yang baru saya alami. Tidak ada jawaban yang benar-benar memberikan solusi. Responnya adalah sama: Bisa dilihat nanti catatan atau log pemakaian telepon. Tapi, saat ini data belum ada. Harus menunggu 1 x 24 jam. Lha, iki piye toh? Kalau memang harus 1 x 24 jam, kenapa yang sebelumnya bilang 2-3 jam? Saya akhiri pembicaraan dengan terima kasih. Saya periksa kembali pulsa saya, dan tetap berkurang sesuai tarif: Rp. 350,–.

Nah, saya akan coba untuk tidak melakukan panggilan/pengiriman SMS atau aktivitas apapun yang melibatkan pemakaian pulsa XL saya. Paling tidak sampai besok menelpon kembali. Apakah pulsa saya akan hilang dengan ajaib lagi? Entahlah… Kalau ini memang faktor dari kesalahan saya, saya akan akui. Kalau memang dari pihak operator, sepertinya solusinya paling bahwa saya tidak ada masalah lagi. Mengembalikan pulsa/kompensasi? Ah… ngimpi!

Kita lihat besok deh… Mungkin sudah saatnya pindah operator. Tapi pilih yang mana ya?

Update: Kalau tidak salah ingat, saya hitung-hitung berarti saya sudah menjadi pelanggan Pro XL selama sekitar 10 tahun lebih dari 5 tahun. Mungkin sudah saatnya berhenti memakai layanan Pro XL.

14 Comments

  • Xl mang aneh kok…aq pernah ngalami kyk gt,akhrnya aq biarkan no smpe hangus..aq msh setia dg operator yg sdh aq pake hampir 8 th,emang Xl menarik dg berbagai macam pilihan utk sms or tlf bahkan ada yg free.tp aq te2p setia sm yg ok sinyalnya ke seluruh pelosok nusantara

  • sebagai sesama pelanggan xl,,sama,pernah kya gini juga,,, tp ga sampe makan pulsa terus sih,,cuma emang sering tiba2 dikasi langganan RBT pdhl ga pernah kita aktifin,,,kepotonglah pulsa 10rb,,,terus pas kita unreg kepotong pulsa 350rb,, pernah complaint tapi lagi2 csnya janji2 doang,,tp lmyn berhasil kalo diteror terus menerus ,, pernah juga udah isi xtra tp smsan tetep kepotong,,nahhh ini juga diteror terus2an juga baru beres,,,oiya sama udah daftar bb on tp ga nyala2 nahh ini juga diteror,,,pokoknya triknya diteror deh,,oiya aku saranin si coba ganti simcard ke xl,,,mungkin bisa nyelesain masalahnya,,,kan nomer simcard jadi beda tuh mgkn ngaruh,,soalnya ada temen yang pernah yg kya gitu akhirnya berhasil ga kemakan lagi pulsanya,,,tp solusinya plg gampang si ganti kartu,,,sebenernya aku juga lagi mikir buat ganti kartu si,,antara axis n m3,, ato xlnya dijadiin pasca aja jadi lebih tercatat penggunaannya bisa kita minta print,,,

  • sebagai sesama pelanggan xl,,sama,pernah kya gini juga,,, tp ga sampe makan pulsa terus sih,,cuma emang sering tiba2 dikasi langganan RBT pdhl ga pernah kita aktifin (ESIA juga sering kya gini),,,kepotonglah pulsa 10rb,,,terus pas kita unreg kepotong pulsa 350rb,, pernah complaint tapi lagi2 csnya janji2 doang,,tp lmyn berhasil kalo diteror terus menerus ,, pernah juga udah isi xtra tp smsan tetep kepotong,,nahhh ini juga diteror terus2an juga baru beres,,,oiya sama udah daftar bb on tp ga nyala2 nahh ini juga diteror,,,pokoknya triknya diteror deh,,oiya aku saranin si coba ganti simcard ke xl,,,mungkin bisa nyelesain masalahnya,,,kan nomer simcard (bukan nomer hpnya) jadi beda tuh mgkn ngaruh,,soalnya ada temen yang pernah yg kya gitu akhirnya berhasil ga kemakan lagi pulsanya,,,tp solusinya plg gampang si ganti kartu,,,sebenernya aku juga lagi mikir buat ganti kartu si,,antara axis n m3,, ato xlnya dijadiin pasca aja jadi lebih tercatat penggunaannya bisa kita minta print,,,

  • Saya juga sama, pulsaku tanpa di pake hilang tiba-tiba mau tlp cc ga cukup pulsa, baru di isi 5000 terus saya copot sc xl, karna hpku mau di pake istriku karna hp istriku lagi ngedrop baterenya. 2 hari aku pasang lagi ko aneh pulsaku hilang sisa rp.250 awalnya rp.5026.
    Knapa xl suka nganbil pulsa yg ga jelas. Sebulan sebelumnya juga sama aku pernah kehilangan pulsa gara-gara download game 9090. pulsa xlku hilang lagi padahal sc xl saya ga di pasang di hpku selama seminggu. Saat ku pasang saya cek lagi pulsaku pulsanya ludes diambil xl sungguh aneh xl ini.

  • Tipuuu!!!!….. saya telp customer service sekitar 5mnt tapi pulsa saya tidak berkurang Rp. 350; melainkan hampir sekitar 2000; jadi mana yg bisa dipercaya dari daftar tarif dan promo2 xl???

  • Pengalaman tidak menyenangkan ini juga saya alami. Ini sangat merugikan saya. Dan saya memutuskan untuk berhenti berlangganan Xplor.

  • kejadian itu persis dgn yg saya alami skrg ini..
    saya jg ingin cari tau dgn mendatangi xl center terdekat.

  • Wah … pengalaman sama. Saya pakai XL dari awal mulai diiklankan jadi sejak ada XL-lah … belakangan kecewa, tambah kecewa dan sangat kecewa dengan pengalaman yang mirip, terutama sejak ada layanan GPRS. Kelihatannya layanan ini sengaja disediakan untuk menyedot pulsa ya?? Soalnya saya sudah setting ke manual untuk internet terutama tetap saja kesedot pulsanya. Saya sebelumnya pakai pascabayar, tagihan saya bertahun-tahun tidak pernah kurang dari 500 ribu. Saya tidak komplain karena saya memang mobile dan merasa mendapat kemudahan, juga di luar negeri. Nah, terakhir saya komplai karena sudah keberatan, nggak pernah pakai – jarang pakai sejak saya punya nomor lain (bukan XL) eh tetap saja tagihan menjulang. Saya berhasil menyetop GPRS atau koneksi otomatis ketika di luar negeri, terakhir awal bulan ini di Singapura, saya setting ke manual dan memang tidak otomatis koneksi internet atau GPRS. Sekembali ke Indonesia, eh … kumat lagi. Jadi selama ini yang dinyatakan bahwa ponsel Ibu yang bermasalah terbukti bukan dari pesawat saya. Lalu minggu lalu saya menyerah, migrasi ke pra bayar dan ditawari dengan paket baru HorRod 3G. Saya isi 100rb, uwaaaah langsung habis terkuras hanya dalam waktu 2 hari. Sampai malam ini masalah saya tidak selesai … saya menyerah …

  • Nih gue kasih tau kepada para pelanggan setia XL. Keluarga saya semua pake XL. Terutama bapak saya yang sejak beli hp pertamanya pake XL. Tapi anehnya saya,ibu saya,bapak saya,adik saya. Semuanya kena potongan pulsa dari RBT. Padahal saya dan keluarga nggak pernah langganan RBT..
    Saya nggak tau ini cuma mau penawaran musik atau memang akal XL untuk mengurangi pulsa.
    Setelah dicek *123*7*10# Status RBT anehnya tertulis “Anda belum berlangganan RBT”
    Tapi kok waktu ibu saya nelpon ke nomer saya ada musik RBT nya. Begitu pula waktu saya nelpon nomer ibu saya.
    Ini memang aneh. Dan yang paling membuatku kesal. RBT nya lagu Cita-Citata “Sakitnya tuh disini”. Padahal gue gak suka lagu (dangdut) itu..