Ke Yahoo! Community Town Hall

Akhir bulan April yang lalu, saya dihubungi oleh salah satu perwakilan dari Yahoo! Indonesia untuk berpartisipasi dalam acara Yahoo! Community Town Hall di Jakarta. Bisa dikatakan saya tidak tahu banyak sebelumnya tentang Yahoo! Community Town Hall tersebut. Salah satu bentuk partisipasi yang diharapkan adalah berbagi informasi atau pengalaman seputar salah satu produk layanan Yahoo!, yaitu Flickr. Setelah mendapatkan beberapa penjelasan tentang acara tersebut, akhirnya saya mengiyakan tawaran tersebut. Dan, karena saya berada di Jogjakarta — saat itu saya baru sekitar satu bulan berada kembali di Jogjakarta — jadilah agak sedikit perlu usaha untuk datang ke Jakarta. Kebetulan pelaksaan acara tersebut agak berbarengan dengan undangan keperluan lain untuk ke Jakarta.

Perjalanan dari Jogja saya tempuh dari Bandara Adisutjipto, dan diawali dengan keterlambatan jadwal penerbangan. Baru sekitar pukul 13.00 saya sampai ke tujuan di Jakarta. Dua hari sebelum pelaksanaan acara tersebut, saya sempat berdiskusi dan mendapatkan arahan singkat tentang¬† acara tersebut di kantor Yahoo! Indonesia. Oh ya, acaranya sendiri diadakan di @atamerica, di Pacific Place, Jakarta — tempat yang sudah beberapa kali saya kunjungi. Jadi tidak terlalu asing juga.

Di hari H — Jumat, 6 Mei 2011 — ternyata yang datang cukup banyak Entahlah, mungkin sekitar 200 orang(?) atau malah 300(?). Dalam acara tersebut hadir juga teman-teman yang telah saya kenal sebelumnya, baik dari komunitas Koprol atau pengguna Flickr. Ada juga dari teman-teman di Kopdar Jakarta. Teman-teman lain yang memang saya kenal melalui acara atau kegiatan selama setahun saya di Jakarta juga hadir. Acaranya sendiri diisi dengan beberapa presentasi dari komunitas pengguna Yahoo! Koprol, beberapa pembicara seperti Wimar Witoelar, Christian Sugiono, dan beberapa yang lain juga. Saya sendiri berbagi melalui presentasi singkat tentang Yahoo! Flickr.

Thomas Arie presenting flickr #ytownhall

Terus terang saja, sempat grogi. Tapi coba untuk santai saja. Setelah naik ke panggung, dan keluar kalimat pertama, entah kenapa semua berjalan cukup tenang. Slide demi slide presentasi saya tampilan, dan… selesai! Untuk slide presentasi, jika ingin melihat silakan lihat dibawah ini.

Kebetulan lagi saat itu partner videoblogging saya, Teguh D.H. juga hadir. Jadilah sekalian merekam video acara tersebut. Dan, salah satunya adalah video ketika saya berada diatas panggung.

Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan networking dan berkenalan atau sekadar ngobrol-ngobrol dengan yang hadir disana. Dalam obrolan terlontar beberapa pertanyaan baik seputar Yahoo! Flickr atau yang lain. Beberapa bahkan menanyakan apakah saat ini saya kerja di Yahoo!. Walah… Tidak, presentasi yang saya sampaikan adalah hanya seputar bagaimana saya sebagai salah satu pengguna Yahoo! Flickr saja.

Hari Minggu siang, saya berangkat ke bandara Soekarno-Hatta untuk pulang ke Jogja lagi. Oh ya, bagi saya acara Yahoo! Community Town Hall sendiri sangat menyenangkan. Koleksi foto bisa dilihat di Flickr stream Orangescale atau juga ke Flickr Group Pool. Kalau videonya, silakan lihat ke Dadio.TV. Ada 5 episode video disana.