Jasa Angkutan Pindahan Rumah/Kos di Jogja. Jasa Konvensional atau GO-BOX?

Sebelum libur panjang Lebaran lalu, saya bersama istri memutuskan untuk melakukan pindahan barang ke tempat tinggal baru. Sebenarnya, belum semua barang siap untuk dipindahkan, namun dengan pertimbangan bahwa jika dilakukan setelah liburan, maka waktunya akan terlalu lama. Kebetulan, tukang yang mengerjakan renovasi lanjutan juga masih ada.

Untuk angkutan atau jasa pindahan, kami menggunakan dua buah jasa berbeda yaitu jasa angkut yang banyak ditemui di pinggir jalan, dan kedua menggunakan layanan GO-BOX dari GO-JEK.

Menggunakan Jasa Angkut Biasa

Di hari pindahan, kebetulan kami melihat ada mobil jasa angkut yang parkir tidak jauh dari rumah. Lalu, kami telepon untuk sekadar mencari informasi. Mobil pickup berukuran cukup besar, dan sepertinya cocok untuk mengangkut beberapa barang yang memang saat itu ada yang ukurannya cukup besar. Saat menelpon, barulah kami tahu beberapa hal seputar jasa angkut ini.

  1. Biaya untuk satu kali perjalanan adalah Rp150.000,- Saat itu, kalau saya lihat, jarak tempuhnya sekitar 5km.
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya tenaga membantu menaikkan dan menurunkan barang. Jadi, supir disini merangkap sebagai tenaga angkut juga.
  3. Kalau membutuhkan tenaga tambahan, maka per orang tambahan ada tambahan Rp50.000,-. Jadi, misal tambah satu orang tenaga angkut, total yang akan membantu adalah dua orang termasuk supir.

Seluruh proses pindahan hari itu berjalan lancar. Tidak terlalu ribet, dan bapak yang punya jasa angkut ini sangat membantu dengan ikut mengangkat dan menata barang di pickup juga. Ini penting.

Menggunakan GO-BOX

Hari berikutnya, pindahan kami lakukan dari tempat keberangkatan yang berbeda. Karena hari sebelumnya kami sangat puas atas pelayanan dan harganya, maka hari itu kami pesan lagi. Jarak yang ditempuh cukup jauh, mungkin sekitar 10km. Namun, diberitahu kalau harganya sama.

Karena jumlah barang yang dibawa lebih banyak, sepertinya tidak seluruh barang dapat diangkut dalam satu kali perjalanan. Pilihannya menggunakan satu jasa tapi bolak balik, atau menambah angkutan satu lagi. Ketika melihat perbandingan harga GO-BOX, ternyata harganya tidak jauh beda. Soal tukang angkut, tidak terlalu jadi masalah, karena beberapa tukang yang mengerjakan rumah juga menawarkan bantuan.

Lalu, apa bedanya menggunakan jasa angkut biasa dengan GO-BOX?

Kalau dari pengalaman saya, ada beberapa perbedaan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan.

  1. GO-BOX ini merupakan layanan angkut saja. Jika tidak menggunakan tenaga tambahan ketika melakukan order, maka kita sendiri yang harus melakukan pengangkatan dan penurunan barang ke/dari kendaraan.
  2. Jika ingin menambah tenaga angkut, bisa juga dipesan melalui aplikasi sebagaiĀ add-on.

Beruntung bahwa saya ada tukang yang membantu saya. Kalau tidak, sepertinya akan sedikit kerja keras ketika mengangkut menggunakan GO-BOX.