Catatan Perjalanan: Batik Air ID-6361 JOG-CGK, 4 Juni 2015

Awal Juni, untuk sebuah keperluan di Jakarta, saya melakukan perjalanan ke Jakarta. Penerbangan yang saya pilih adalah Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6361 yang berangkat dari bandara Adisutjipto pada pukul 07.40 WIB.

Screen Shot 2015-06-10 at 2.10.37 AM

Suasana Adisutjipto di hari pagi itu cukup padat ketika saya tiba sekitar pukul 06.35 WIB. Segera saya lakukan check-in di konter yang ada. Antrian cukup panjang, namun proses check-in berlangsung cukup lancar. Saya langsung masuk ke ruang tunggu yang pagi itu juga terlihat cukup ramai. Satu demi satu panggilan untuk boarding diumumkan. Akhirnya, sekitar pukul 07.05 WIB panggilan boarding untuk penerbangan saya diumumkan.

Saya masuk melalui pintu pesawat bagian belakang, untuk langsung menuju ke tempat duduk saya di nomor 17E. Seluruh proses sampai saya duduk berjalan dengan lancar. Saya lihat melalui jendela, pagi itu cuaca cerah. Suasana yang menyenangkan untuk memulai hari.

18471199632_c206b9dd35_h

Pesawat yang membawa saya menuju Jakarta ini meninggalkan landasan sekitar pukul 07.40 sesuai dengan jadwal. Beberapa menit setelah pesawat meninggalkan landas pacu, pramugari berkeliling untuk membagikan snack dan air mineral. Sisa penerbangan saya nikmati dengan membaca in-flight magazine, dan melihat beberapa klip video yang ada dalam menu in-flight entertainment.

Sekitar pukul 07.40 WIB, pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Pendaratan cukup nyaman dan tak lama kemudian pesawat sudah berhenti di tempatnya. Sebenarnya, penerbangan pagi itu akan lebih baik lagi jika proses penumpang turun bisa berlangsung lebih cepat. Karena, saat itu penumpang sedikit tertahan untuk turun karena tangga untuk turun datang agak sedikit lama.

Dan, akhirnya setelah ada tangga, penumpang pagi itu hanya dapat turun melalui pintu depan saja. Saya langsung menuju ke terminal kedatangan 1C.

Secara umum, penerbangan pagi itu berlangsung dengan baik. Keterlambatan keberangkatan tidak terjadi, dan penerbangan berjalan dengan cuaca yang cukup baik.

Catatan: Tulisan diatas adalah tulisan pribadi berdasarkan pengalaman terbang pada tanggal yang tertulis. Data jalur penerbangan merujuk pada situs Flightradar24. Koleksi foto adalah koleksi pribadi yang diambil selama perjalanan.