Bingung dengan Rincian Biaya/Tagihan Telkom IndiHome!

Sudah bulan kedua ini saya berlangganan layanan IndiHome. Proses menjadi pelanggan juga tidak selancar yang saya perkirakan. Namun, pada akhirnya saya bisa mendapatkan layanan IndiHome untuk mendukung keseharian saya baik dalam bekerja, maupun untuk keperluan lain yang menggunakan koneksi internet.

Beberapa rekan kerja saya juga menggunakan layanan IndiHome dengan paket yang sama. Sebelum saya mendapatkan tagihan pertama saya, kami bertukar informasi mengenai jumlah tagihan. Dan, ternyata tagihan tidak sama. Tentu saja, ada beberapa komponen tagihan yang memengaruhi. Namun, selisihnya sepertinya terlalu banyak satu sama lain.

Akhirnya, saya mendapatkan tagihan pertama di bulan Februari 2016, dengan rincian seperti di bawah ini:

BIAYA INDIHOME 3P: 248.710,00
RESTUSI/DISKON/DEBET: 105.000,00
PPN UNSUR KENA PAJAK: 35.820,00
DENDA TERBAYAR: 3.000,00
PERCAKAPAN PONSEL: 4.488,00
Total Tagihan: Rp 397.018,00

Masih dibawah Rp 400.000,00 sesuai dengan alokasi budget saya — selain ada alokasi untuk kebutuhan pulsa di ponsel, dan layanan mobile data. Untuk kebutuhan internet di rumah, penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari saja. Saya bekerja dengan laptop saya, menggunakan internet juga di ponsel dan tablet. Layanan kabel UseeTV juga kadang saya manfaatkan, walaupun sebenarnya cukup jarang juga.

Walaupun dulu ada kabar tentang kebijakan FUP (Fair Usage Policy) dari Telkom, atau pemblokiran Netflix, bahkan pengurangan jumlah kanal siaran di UseeTV, hal tersebut tidak terlalu signifikan bagi saya. Bahkan, kalau saya boleh memilih, saya lebih memilih untuk menggunakan layanan internet saja. Layanan televisi UseeTV dan telepon rumah hampir bisa saya abaikan. Masalahnya, ketiga layanan tersebut (internet, tv cable, dan telepon rumah) sudah menjadi satu paket layanan.

Di akhir bulan Februari 2016, Telkom mengumumkan tentang adanya penyesuaian tarif komponen layanan melalui laman Facebook.

12771829_454226614769781_1968182513153215939_o

Benar memang bahwa harga yang saya bayarkan memang mungkin adalah harga promo. Namun, pada akhirnya saya hanya melihat total tagihan. Akhirnya, tagihan saya di bulan Maret 2016 dapat saya lihat melalui situs Telkom. Dan, detil tagihan saya adalah sebagai berikut:

BIAYA INDIHOME 3P: 362.138,00
BIAYA SEWA STB/MODEM: 50.000,00
PPN UNSUR KENA PAJAK: 41.615,00
BEA MATERAI: 3.000,00
LOKAL SLJJ: 0,00
PERCAKAPAN PONSEL: 4.013,00
Total Tagihan: Rp 460.766,00

Mengenai promo, atau penyesuian harga sewa STB (Set-Top Box) atau modem, Telkom sendiri berusaha memberikan klarifikasi.

“Sudah disampaikan pada awal berlangganan, baik melalui material promo maupun kontrak berlangganan, sewa STB tersebut hanya berlaku hingga 31 Desember 2015, sebesar Rp 30.000 per bulan,” imbuh Jemy.
Setelah 1 Januari 2016, harga tersebut bakal berubah menjadi Rp 60.000 per bulannya. Namun, Telkom pun akhirnya membuat keputusan lain dengan kembali memberikan diskon.
“Karena kami menyadari pelanggan masih memerlukan pemahaman, maka kami juga membuat yang harusnya menjadi Rp 60.000 per bulan, menjadi hanya Rp 50.000 per bulan,” lanjut Jemy.
Potongan harga sebesar Rp 10.000 itu pun dikatakan merupakan subsidi langsung dari Telkom. Anggaran tersebut dipotong langsung untuk dibayarkan kepada penyedia STB tersebut.

Intinya: harga naik dari sebelumnya. Berapapun perubahannya, saya rasa ini menjadi pendapat pribadi dari konsumen apakah masuk akal, tidak masuk akal, bisa diterima, atau tidak bisa diterima. Ini tentang rasa.

Pada akhirnya, konsumen sendiri yang akan melakukan kalkulasi. Kalau menilik kepada tagihan awal, saya tetap berpikir untuk melanjutkan layanan IndiHome ini. Namun, dengan kondisi bahwa saya juga bekerja di kantor (yang juga sudah memiliki akses internet), dan juga sering bepergian ke luar kota, sepertinya kedepannya akan berpikir ulang untuk melanjutkan layanan IndiHome ini.

Mari berhitung.

16 Comments

  • untuk BIAYA INDIHOME 3P: nya dari bulan ke bulan ga ada yang sama, ketika ditanya ke petugas, jawabnya : “gag tau, sudah dari sana nya seperti itu”, seperti tidak ada tarif yang pasti, untuk kita dapat menghitung biaya pengeluaran berlangganan indihome ini

  • Promo dari telkom bener2 nggk jelas, katanya total 250rb/bln sudah+ ppn buat yg semifiber 1mbps ternyata stelah dibayar ada tambah2nya kaya sewa stb 50rb. Kemampuan sama niat marketingnya perlu dipertanyakan karena berkesan menipu pelanggan sebagai contoh coba aja minta brosur mengenai indihome yg ada harganya pasti tidak akan ada dan bila anda coba cari diinternet hampir 90% data lama dan tidak benar. Seharusnya telkom mulai berbenah dari segi pelayanan dan kualitas product nya yg jauh kalah dari pesaing2nya.
    Dan terakhir bila anda berminat memasang indihome, coba anda cari tahu apakah disekitar daerah anda terdapat provider2 dengan kabeloptik lain seperti mnc , biznet, atau my republic karena jika ada saya sangat sarankan menggunakan yang selain indihome saja karena saya jamin dari segi pelayanan,harga, serta kualitasnya 10x lebih baik

  • Saya juga salah satu orang yg merasa tertipu dengan tagihan INDIHOME. awal tagihan saya 280 rb hanya untuk pemakaian dari tgl 24 Jan- akhir jan dan jika di hitung itu hanya 8 hari. dan itu saya baru tau sekarang ternyata 280 rb hanya untuk pembayaran di bulan januari

    Bulan Feb keluar lagi tagihan 480 di luar dugaan saya dan yg anehnya ada biaya Decorder 50rb per decorder kebetulan saya pake 2 dekorder. padahal pada perjanjian awal decorder yg pertama itu tidak ada charges dan hanya decorder yg kedua yg kena charges 30rb. pembayaan ini untuk pemkaian bulan Feb yang harus di bayarnya sebelum tgl 20. dan menurut saya saya rugi karena saya belum menggunakannya 1 bulan. mustinya mereka tagihnya di akhir bulan donk. dan mereka tidak menginformasikan jika pembayaran harus di bayarkan setiap bulan sebelum tgl 20 jika lewat tgl 2 maka di kenakan denda 50 rb…

    PARAH BGT NI INDIHOME. Kalian kalo g bisa menberikan jasa service yg baik lebih baik gak usah memberikan jasa service. ini pun sudah saya masukkan ke media ke Suara Pembaca.

  • tagihan indihome saya bulan ini lebih dari satu juta, padahal dua minggu tidak duganakn sama sekali karena ada urusan meniggalkan rumah, telkom harus di perhitungkan ulang, dan sudah menjadi budaya dari jaman telkomnet@instan maupun speedy

  • benr gan… bulan juni tagihan ane bengkak 676.500… komplain trun menjadi pembayaran normal lg ke 499.500.
    bulan ini naik lg ke 676.500 ..ane komplain lg trus normal lg… apa hrs komplain tiap bulan neh kek nya.
    ini knp ya?? harga net pembayaran 10 mb indi home sbenar nya berapa? tanya 2org teman harga nya kok beda2 pdahal pemakaian kita sama2 untuk warnet dgn kuota yg sama pula 10mb

  • tagihan saya malah lucu, sebelum marah2 tagihannya 370an, hbis marah2 jadi 270. dan anehnya lagi tagihan sekarang naik lagi. duuhhh….pngen cabut aja nih.

  • Saya juga begitu, baru make Indihome 2bln pas bulan pertama sempet kaget krn tagihan yg menurut saya ‘lumayan murah’ (saya memakai packet yg 1mbps) hanya 260rb krn sebelumnya kata yg masang bisa lebih dr 300rb utk bulan pertama, tp pas pembayaran bulan ke2 kena jd 310rb, pdhl utk pemakain bulan ini lebih sedikit dr bulan lalu, tp saya melakukan pembayaran lewat in**mart jd tidak bisa bertanya kenapa tgihan nya naik mjd segitu, Dan parahnya lg skrg useetv saya bisa ngbuka channel2nya yg sblmnya ga bisa krn diluar pketan, kira2 klo saya komplen ke plastel apa bisa dpt kebijakan penurunan biaya walaupun saya sudah membayar? Atau bisa ga saya meminta pihak Telkom mengemblikan channel nya seperti semula.. Mohon bntuannya

  • Indihome kurang bagus,pelayanan salesnya juga gak jelas awal pasang di bilang byr 380 ***** setwlah bulan kedua pembayaran jadi 440*** gak susuai yg dibrosur, pelayanan countomer service di plaza juga sangat kurang, sales yg memberikan informasi juga tidak ada teguran, penipuan konsumen secara bertahap klo kaha gni terus

  • Benar, dari awal pemasangan, tagihan 300 an.. tiap bulan tagihan naik trus.. sampai skrg tagihan 520.000. hari ini saya suruh bawa cabut saja modemnya.

  • indihome kok ada abodemen ? itu biaya utk apa ya ? katanya kl paket sdh free useetv kecuali yg bayar ?

  • Saya pakai yang 20 mbps yang saya liat di brosur nya 660.000 pas bayaran sebulan tau tau jadi satu juta lebih. melebihi tagihan yang 30 mbps. memang indihome amazing ya ngambil uangnya