Berpindah ke Layanan Biznet Home Internet dari Telkom IndiHome

Akhirnya, rencana saya untuk berpindah layanan dari IndiHome PT Telkom Indonesia telah berhasil akhir minggu lalu. Saya akhirnya menggunakan layanan Biznet Home Internet dari Biznet.

Proses Registrasi

Sebenarnya, sudah cukup lama saya ingin menggunakan layanan dari Biznet ini. Namun, saat itu jaringan belum tersedia. Saya pernah memang mengirimkan inquiry melalui email, namun tidak mendapatkan balasan. Mungkin saat itu memang karena layanan belum tersedia.

Saya tidak tahu kapan tepatnya layanan ini tersedia di tempat tinggal saya. Namun, saat melalukan pengecekan di awal bulan ini, ternyata layanan sudah tersedia. Akhirnya lakukan registrasi melalui laman web Biznet Home pada tanggal 4 Mei 2017. Saat itu, saya memilih paket Home Internet 1 dengan harga paket Rp 240.000,00.

Setelah saya lakukan registrasi, saya mendapatkan surel balasan yang berisi mengenai detil permintaan layanan, termasuk harga awal yang termasuk instalasi sebesar total Rp 487.000,00. Saat itu, saya tidak langsung melakukan pembayaran, karena saya belum mendapatkan kepastian apakah layanan tersebut memang dapat terpasang atau tidak.

Tanggal 5 Mei 2017, saya mendapatkan kontak dari Biznet yang akan melakukan survei terkait dengan jaringan. Siang hari, akhirnya ada dua orang dari Biznet yang datang ke rumah. Singkat cerita, saya mendapatkan informasi bahwa internet dapat terpasang, dan nanti akan dikirimkan beberapa informasi pemasangan beserta dengan instruksi pembayaran karena data registrasi saya perlu diperbarui. Sore harinya, saya mendapatkan informasi pendaftaran kembali melalui surel, dan saya langsung lakukan pembayaran.

Proses Instalasi

Ketika saya tanyakan kapan instalasi dapat dilakukan kemungkinan akan dilakukan paling cepat tanggal 8 Mei 2017 (Senin). Saya mendapatkan konfirmasi ini dari petugas yang melakukan survei. Pada hari Senin, akhirnya saya tunggu. Sampai dengan sore hari, saya tidak mendapatkan informasi apapun dari personel yang menerima registrasi saya, ataupun dari petugas yang akan melakukan pemasangan.

Pada hari Selasa, saya mendapatkan telepon dari petugas yang melakukan pemasangan yang memberitahukan juga bahwa petugas tersebut sudah ada di rumah. Kebetulan saat itu saya sedang dalam perjalanan ke luar kota. Jadi, saya minta apakah bisa dilakukan penjadwalan ulang pada hari Jumat, tanggal 12 Mei 2017 setelah sholat Jumat, karena saya baru sampai kembali ke Jogja pada Kamis malam.

Di hari Jumat pagi, saya mendapatkan informasi bahwa instalasi akan dilakukan sekitar pukul 14:00. Tepat pukul 14:00 saya sudah sampai di rumah, namun ternyata petugas — saat itu datang tiga orang — baru datang sekitar pukul 15:00.

Begitu petugas datang, sambil mempersiapkan instalasi, petugas tersebut menanyakan apakah router-nya sudah siap. Saya awalnya bingung, karena saya tidak mendapatkan informasi ini sebelumnya. Sebenarnya pengaturan pada router bisa dilakukan nanti, namun saya rasa ini kurang praktis. Akhirnya, saat petugas melakukan instalasi dengan penarikan kabel, saya putuskan untuk beli langsung.

Tepat setelah instalasi kabel selesai, router yang saya beli sudah sampai dan instalasi dapat dilanjutkan. Setelah semua proses selesai, saya akhirnya dapat menggunakan koneksi yang baru. Biaya lainnya tidak ada.